Sukses

Bank Dunia: Siswa Miskin Makin Tertinggal Akibat Pandemi COVID-19

Bank Dunia menyorot nasib siswa miskin di tengah pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia merilis tiga laporan terbaru mengenai potensi pendidikan di Indonesia. Laporan itu membahas potensi pendidikan di Indonesia, anggaran, serta kualitas pendidikan dari Kementerian Agama.

Pandemi COVID-19 tentu juga ikut disorot karena memberikan dampak bagi siswa-siswa yang lebih miskin.

"Murid-murid dari keluarga miskin sering tertinggal dari teman-teman mereka," jelas Direktur Bank Dunia di Indonesia, Satu Kahkonen, Rabu (18/11/2020).

"Pandemi membuat disparitas ini semakin parah," imbuhnya.

Murid yang mengalami tantangan tak hanya yang miskin, namun juga yang tinggal di daerah peolosok dan memiliki disabilitas. Bank Dunia meminta pemerintah agar memastikan tak ada anak yang tertinggal.

Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Australia, Allester Cox, juga menyorot kerugian waktu belajar akibat penutupan sekolah terhadap siswa-siswa. 

"Pandemi memiliki biaya signifikan," ujar Cox. "Siswa-siswa miskin semakin tertinggal jauh."

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Murid Tak Sadar Kualitas Edukasi Kurang Mumpuni?

Spesialis pendidikan Bank Dunia, Noah Yarrow, menyebut sebagian besar murid puas dengan kinerja guru mereka. Murid-murid berkata para guru memotivasi mereka untuk sukses. 

Masalahnya, skor murid Indonesia tertinggal di tingkat internasional seperti PISA. Noah lantas menduga murid-murid tidak sadar mengenai kualitas pendidikan di Indonesia.

"Murid-murid kemungkinan tidak sadar pada tantangan-tantangan yang ada atau sudah terbiasa dan menerima saja," ujar Yarrow.

Beberapa solusi yang Noah Yarrow sampaikan adalah agar pemerintah memastikan murid-murid bisa melampaui standar minimum. Pendidikan PAUD juga dianggap penting untuk memulai pendidikan sejak awal. 

Bank Dunia juga menyarankan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, membantu lembaga-lembaga yang mendukung pendidikan, serta menunjang pengembangan profesi guru dan menyediakan insentif yang sesuai. 

3 dari 4 halaman

Solusi dari Nadiem

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berkata pemerintah telah memberikan solusi dengan menyederhanakan kurikulum hingga pelonggaran aturan BOS. 

"Dana Bos kita bebaskan untuk segala kebutuhan Pembelajaran jarak jauh, untuk laptop boleh, subsrkipsi layanan online boleh," ujar Nadiem yang turut hadir di acara. 

Nadiem berkata fokus lain dari pendidikannya adalah memperbaiki kualitas guru. Nadiem tidak setuju jika guru-guru dibawa seminar ke hotel. 

Selain itu, Nadiem berkata telah memberikan modul agar membantu para orang tua mengajari anaknya di rumah. Terkait pembelajaran tatap muka, Nadiem menjelaskan sudah membuat zona-zona, sehingga memungkinkan belajar tatap muka di wilayah tertentu.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.