Sukses

Studi: Vaksin COVID-19 Sinovac Buatan China Picu Respons Kekebalan Imun Cepat

Vaksin Sinovac untuk COVID-19 terbukti memicu respons kekebalan imun secara cepat.

Liputan6.com, Beijing - Vaksin COVID-19 eksperimental Sinovac Biotech, CoronaVac, memicu respons kekebalan yang cepat, tetapi tingkat antibodi yang dihasilkan lebih rendah daripada pada orang yang telah pulih dari penyakit tersebut, hasil uji coba pendahuluan menunjukkan pada Rabu 18 November 2020.

Sementara uji coba tahap awal hingga pertengahan tidak dirancang untuk menilai kemanjuran CoronaVac, para peneliti mengatakan itu dapat memberikan perlindungan yang cukup, berdasarkan pengalaman mereka dengan vaksin lain dan data dari studi praklinis dengan kera. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Rabu (18/11/2020).

Penelitian ini menjadi panas setelah berita optimistis bulan ini dari pembuat obat AS Pfizer dan Moderna serta Rusia, yang menunjukkan vaksin eksperimental mereka lebih dari 90 persen efektif berdasarkan data sementara dari uji coba tahap akhir yang besar.

CoronaVac dan empat vaksin eksperimental lainnya yang dikembangkan di China saat ini sedang menjalani uji coba tahap akhir untuk menentukan keefektifannya dalam mencegah COVID-19.

Temuan Sinovac, yang diterbitkan dalam makalah yang ditinjau oleh rekan sejawat di jurnal medis The Lancet Infectious Diseases, berasal dari hasil uji klinis Fase 1 dan Fase 2 di China yang melibatkan lebih dari 700 peserta.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa CoronaVac mampu memicu respon antibodi yang cepat dalam empat minggu setelah imunisasi dengan memberikan dua dosis vaksin pada interval 14 hari," kata Zhu Fengcai, salah satu penulis makalah tersebut.

"Kami yakin ini membuat vaksin cocok untuk penggunaan darurat selama pandemi," kata Zhu dalam pernyataan yang diterbitkan di samping surat kabar itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Uji Coba Vaksin Sinovac

Para peneliti mengatakan temuan dari studi besar tahap akhir, atau uji coba Fase 3, akan sangat penting untuk menentukan apakah respons kekebalan yang dihasilkan oleh CoronaVac cukup untuk melindungi orang dari infeksi virus corona.

Sinovac saat ini menjalankan tiga uji coba Tahap 3 di Indonesia, Brasil, dan Turki.

Naor Bar-Zeev dari Universitas Johns Hopkins, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan bahwa hasil tersebut harus ditafsirkan dengan hati-hati sampai hasil Tahap 3 dipublikasikan.

"Tapi meski begitu, setelah uji coba Tahap 3 selesai dan setelah izin, kita harus tetap berhati-hati," katanya.

3 dari 4 halaman

Kandidat Vaksin COVID-19

CoronaVac adalah satu dari tiga vaksin COVID-19 eksperimental yang telah digunakan China untuk menyuntik ratusan ribu orang di bawah program penggunaan darurat.

Dua vaksin lain dalam program darurat China, keduanya dikembangkan oleh institut yang terkait dengan Sinopharm, dan vaksin lain dari CanSino Biologics, juga terbukti aman dan memicu respons kekebalan dalam uji coba tahap awal dan menengah, menurut makalah yang ditinjau oleh rekan sejawat.

Gang Zeng, seorang peneliti Sinovac yang terlibat dalam studi CoronaVac, mengatakan vaksin tersebut bisa menjadi pilihan yang menarik karena dapat disimpan pada suhu lemari es normal 2 hingga 8 derajat Celcius dan dapat tetap stabil hingga tiga tahun.

"(Ini) akan menawarkan beberapa keuntungan untuk distribusi ke daerah di mana akses ke pendingin sulit," kata penulis.

Sebaliknya, vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer / BioNTech dan Moderna menggunakan teknologi baru yang disebut RNA pembawa pesan sintetis (mRNA) untuk mengaktifkan sistem kekebalan terhadap virus dan membutuhkan penyimpanan yang jauh lebih dingin.

Vaksin Pfizer harus disimpan dan diangkut pada suhu -70 derajat Celcius meskipun dapat disimpan di lemari es normal hingga lima hari, atau hingga 15 hari dalam kotak pengiriman termal. Calon vaksin Moderna diharapkan stabil pada suhu lemari es normal selama 30 hari, tetapi untuk penyimpanan hingga enam bulan perlu dijaga pada suhu -20 derajat Celcius.

CoronaVac juga sedang dipertimbangkan oleh Brasil dan Indonesia untuk inokulasi dalam beberapa bulan mendatang.

Indonesia telah meminta otorisasi darurat untuk memulai kampanye vaksinasi massal pada akhir tahun ini dan vaksin yang diproduksi oleh Sinovac dan Sinopharm China dijadwalkan untuk digunakan pada tahap awal kampanye.

Sao Paulo Brasil juga berencana untuk meluncurkan CoronaVac pada awal Januari dan telah menyetujui kesepakatan pasokan dengan Sinovac.

4 dari 4 halaman

Infografis Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.