Sukses

Bertengkar Bisa Bikin Hubungan Makin Langgeng? Ini Kata Ahli

Bertengkar juga dikaitkan dengan kekerasan yang terjadi dalam hubungan. Dengan demikian, banyak orang akan menganggap jika berkelahi bisa membuat kekerasan fisik.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini bertengkar  dikaitkan dengan retaknya sebuah hubungan. Atau, berkelahi menjadi cikal bakal ada hubungan Anda ada di ujung tanduk.

Bertengkar juga dikaitkan dengan kekerasan yang terjadi dalam hubungan. Dengan demikian, banyak orang akan menganggap jika berkelahi bisa memicu terjadinya kekerasan fisik.

Namun, peneliti mengungkap jika bertengkar mampu membuat Anda saling mencintai satu sama lain. Meski ini sulit dipercayai, peneliti telah mengujinya.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Selasa (17/11/2020), berikut 4 alasan peneliti mengungkapkan jika bertengkar bisa membuat hubungan semakin langgeng:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Berkelahi Tanda Bahwa Anda Peduli

Selama ini berkelahi dianggap sebagai salah satu tanda bahwa hubungan ada di ujung tanduk. Namun peneliti menyebut jika bertengkar adalah bentuk kepedulian dari masing-masing pihak dalam hubungan.

Dengan kata lain, berdebat berarti Anda lebih berkomitmen. Saling mengingatkan dan mengoreksi satu sama lain, meski dikemas dalam nada emosi.

Asal, pertengkaran itu dapat segera teratasi dan tak berkelanjutan. Sehingga perdebatan itu lebih bermutu.

 

3 dari 5 halaman

2. Komunikasi Akan Terjalin Lebih Baik

Untuk menciptakan kepercayaan dalam hubungan Anda, tidak sepatutnya selalu diam. Perlu mendekatkan diri dengan pasangan, terutama dalam pemikiran.

Meski pun harus bertengkar, cara semacam ini mampu membuat Anda bisa membangun komunikasi yang terbuka.

Karena berdebat adalah salah satu bentuk komunikasi utama dan yang paling jujur, itu sangat membantu untuk mempercepat penyampaian perasaan.

 

4 dari 5 halaman

3. Bertengkar Menyelamatkan Dirimu dari Kebosanan

Dalam hubungan, pasang surut dalam membangun cinta sangat diperlukan. Hal ini dianggap penting agar tidak pernah bosan satu sama lain.

Dengan adanya pertengkaran yang dilakukan satu sama lain, maka akan membuat Anda akan jauh lebih dekat. Koneksi satu sama lain pun juga mudah terbangun.

Jadi jangan panik apabila hubungan Anda diterpa masalah yang ujung-ujungnya menyebabkan pertengkaran.

 

5 dari 5 halaman

4. Berkelahi Bisa Mengungkapkan Hasrat

Beberapa pasangan benar-benar menikmati pertengkaran hebat karena mereka meningkatkan kadar hormon mereka. Secara tidak sadar, orang-orang itu tahu bahwa berkelahi adalah tanda dari hasrat mereka.

Jika Anda ingin menjaga hubungan Anda tetap kuat dan berkembang, perlu untuk membiarkan emosi Anda keluar dari waktu ke waktu daripada menahannya. Tapi jangan lupa untuk menyelesaikan argumen apa pun dengan cara yang positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini