Sukses

Media AS: Joe Biden Menang Pilpres dengan 306 Suara Elektoral, Donald Trump 232

Biden mengukuhkan kemenangannya atas Trump dalam pemilihan AS dengan kemenangan di Georgia yang secara tradisional condong ke Partai Republik.

Liputan6.com, Jakarta - Media Amerika Serikat melaporkan, presiden AS terpilih Joe Biden telah memenangkan 306 suara elektoral (electoral college). Sementara itu, petahana Presiden Donald Trump hanya meraih 232 suara.

Biden mengukuhkan kemenangannya atas Trump dalam pemilihan AS dengan kemenangan di Georgia yang secara tradisional condong ke Partai Republik, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Sabtu (14/11/2020).

Trump yang juga memiliki 306 suara Electoral College ketika dia mengalahkan Hillary Clinton pada 2016, mengklaim kemenangan di Carolina Utara.

Joe Biden telah menjadi calon pemenang pemilihan sejak kemenangan di Pennsylvania membawanya melewati ambang batas 270 suara.

Georgia, salah satu dari lima negara bagian yang direbut oleh Biden setelah sebelumnya ada di pihak Donald Trump pada pemilu 2020.

Tercatat, demokrat menang di Georgia terakhir kali pada masaBill Clinton tahun 1992.

Joe Biden saat ini naik sekitar 14.000 suara, dan penghitungan ulang diharapkan akan selesai minggu depan.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghitungan Suara Ulang

Audit pemilihan umum di seluruh negara bagian diprediksi tidak akan mengubah banyak dari hasil perolehan yang diterima Biden dan Trump.

Di North Carolina, dorongan untuk menarik simpati pemilih Kulit Hitam oleh Demokrat tidak cukup untuk mengatasi basis Trump yang sangat setia yaitu warga kulit putih.

Trump yang menolak untuk mengakui kekalahan, dijadwalkan akan berbicara kepada publik untuk pertama kalinya sejak dinyatakan kalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.