Sukses

Robot Monster Serigala, Cara Unik Kota Jepang Lindungi Warga dari Beruang Liar

Robot berbentuk monster serigala ini ternyata cara unik dan efektif mengusir beruang yang berkeliaran di permukiman warga sebuah kota di Jepang.

Liputan6.com, Takikawa - Sebuah kota di Jepang menggunakan cara yang unik untuk melindungi warga dari beruang yang berkeliaran. Menggunakan sepasang penjaga yang tidak biasa, yaitu robot serigala pendeteksi gerakan.

Dilansir dari Upi, Sabtu (14/11/2020), pejabat di Takikawa, Pulau Hokkaido, Jepang merasa khawatir atas peningkatan serbuan beruang ke lingkungan perumahan pada tahun ini. Atas dasar hal tersebut, diputuskanlah membeli dua Monster Serigala. Robot anjing yang dibuat dari perusahaan mesin Ohta Seiki dalam kemitraan dengan universitas setempat.

Monster Serigala Jepang itu terbuat dari bahan logam, lalu ditutupi bulu palsu agar terlihat nyata bagi hewan lain. Dilengkapi dengan sensor detektor gerak yang membuatnya aktif saat mendeteksi gerakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Robot Serigala Yang Dapat Bergerak dan Bersuara

Seigala itu dapat memancarkan cahaya merah dari matanya, lalu mengerakkan kepala maju mundur dan dapat mengeluarkan serangkaian suara-suara melolong serta melengking.

"Kami ingin menunjukkan kepada beruang, bahwa pemukiman manusia bukanlah tempat tinggal dan membantu hidup berdampingan bersama beruang dan manusia," kata Yuji Ohta selaku kepala Ohta Seiki, kepada surat kabar Jepang The Mainichi.

Pejabat kota mengatakan bahwa serigala itu sejauh ini efektif dalam mencegah beruang memasuki kota.

Serigala dulunya pernah hidup di alam liar di Jepang, tetapi kemudian mereka punah di negara itu pada awal abad ke-20.

Reporter : Romanauli Debora

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.