Sukses

Berlian Ungu-Merah Muda Langka Terjual Rp 378 Miliar

Sebuah berlian berwarna ungu-merah muda langka itu dijual seharga $ 26,6 juta atau Rp 378 miliar di rumah lelang Sotheby's di Jenewa pada Rabu 11 November 2020.

Jenewa - Berlian langka yang ditemukan di tambang Rusia dan digambarkan sebagai "keajaiban alam yang sesungguhnya", terjual dengan harga fantastis. 

Sebuah berlian berwarna ungu-merah muda langka itu dijual seharga $ 26,6 juta atau Rp 378 miliar di rumah lelang Sotheby's di Jenewa pada Rabu 11 November 2020.

"The Spirit of the Rose" batu permata oval dengan berat 14,83 karat tersebut diperkirakan bernilai antara $ 23 juta hingga $ 38 juta (Rp 326 - 540 miliar)," menurut Sotheby's seperti dikutip dari DW Indonesia, Jumat (12/11/2020).

Penawaran dibuka pada $ 16 juta (Rp 227 miliar) terus naik hingga ketok palu terakhir jatuh di angka $ 21 juta (Rp 298 miliar). Ditambah dengan harga komisi, batu itu memecahkan rekor dunia untuk berlian ungu-merah muda yang dijual di lelang.

Berlian merah muda itu dijual kepada penawar melalui sambungan telepon, yang memilih untuk tidak disebutkan namanya.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhiasan Langka

Dalam beberapa tahun terakhir, berlian dengan warna alami sangat didambakan oleh orang-orang terkaya di dunia. Tidak seperti berlian putih, batu ini memiliki struktur kisi tertentu yang membiaskan cahaya untuk menghasilkan efek warna.

Awal bulan ini, tambang Argyle di Australia barat, yang menyumbang pasokan berlian merah muda terbesar di dunia, menghentikan produksinya karena pasokan menipis. Permata ini dipotong dari bongkahan kristal merah muda terbesar yang ditemukan di Rusia dan ditambang pada Juli 2017 oleh produsen berlian Alrosa Rusia. Berlian Itu sempat dipamerkan di Taipei, Hong Kong, dan Singapura.

"Pembeli bisa mendapat untung yang berlipat karena harga untuk berlian merah muda di tahun-tahun mendatang akan melonjak, akibat faktor kelangkaan," kata Tobias Kormind, direktur pengelola perhiasan berlian online terbesar di Eropa, 77 Diamonds.

Menurut Sotheby's, lima dari 10 berlian termahal yang pernah dijual berwarna merah muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.