Penasihat Joe Biden, Ron Klain Ditunjuk Jadi Kepala Staf Gedung Putih

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 12 Nov 2020, 12:17 WIB
Diperbarui 12 Nov 2020, 12:22 WIB
Presiden Terpilih AS, Joe Biden menunjuk penasihatnya saat masih menjabat sebagai wapres, Ron Klain menjadi Kepala Staf Gedung Putih. (Photo credit: NICHOLAS KAMM/AFP via Getty Images)
Perbesar
Presiden Terpilih AS, Joe Biden menunjuk penasihatnya saat masih menjabat sebagai wapres, Ron Klain menjadi Kepala Staf Gedung Putih. (Photo credit: NICHOLAS KAMM/AFP via Getty Images)

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden menunjuk pejabat tinggi Partai Demokrat, Ron Klain sebagai kepala Staf Gedung Putih dan asisten presiden pada 11 November 2020. 

Dilansir US News, Kamis (12/11/2020), Klain diketahui merupakan salah satu orang kepercayaan dan terdekat Joe Biden. Ia telah bekerja untuk Partai Demokrat sejak tahun 1989 saat masih menjabat sebagai Senator AS.

Selain itu, Klain juga ditugaskan pada tanggapan terhadap krisis kesehatan Ebola dalam pemerintahan Barack Obama di tahun 2014, ketika Biden menjabat sebagai wakil presiden.

Selain dikenal kritis terhadap cara penanganan Virus Corona COVID-19 yang dijalankan Presiden Donald Trump, Klain pun diharapkan dapat menjadi tokoh kunci dalam respons pemerintahan Biden terhadap pandemi COVID-19.

2 dari 3 halaman

Joe Biden Kenang dan Sambut Baik Kontribusi Ron Klain

FOTO: Joe Biden - Kamala Harris Sampaikan Pidato Kemenangan Pilpres AS 2020
Perbesar
Presiden terpilih Joe Biden saat menyampaikan pidato kemenangan Pilpres AS 2020 di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Sabtu (7/11/2020). Joe Biden dan Kamala Harris memenangkan Pilpres AS 2020. (AP Photo/Andrew Harnik)

"Ron sangat berharga bagi saya selama bertahun-tahun kami bekerja sama, termasuk saat kami menyelamatkan ekonomi Amerika dari salah satu penurunan terburuk dalam sejarah kami pada tahun 2009 dan kemudian mengatasi keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menakutkan pada tahun 2014," tutur Biden dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, dalam tanggapannya, Klaim menyampaikan bahwa dirinya merasa terhormat untuk membantu Biden dalam menjalani pemerintahannya nanti.

"Saya berharap bisa membantunya dan Wakil Presiden terpilih dalam mengumpulkan tim yang berbakat dan beragam untuk bekerja di Gedung Putih," ujar Klain. 

Klain diketahui juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Wakil Presiden AS ketika Biden menjabat dan menjadi penasihat senior kampanye kepresidenannya, beberapa waktu terakhir ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓