Sukses

3 Orang Terluka Akibat Ledakan di Jeddah Saat Upacara Peringatan Akhir Perang Dunia I

Ledakan terjadi saat upacara memperingati akhir Perang Dunia I di sebuah pemakaman di kota Jeddah, Arab Saudi

Liputan6.com, Jakarta Ledakan terjadi saat upacara internasional memperingati akhir Perang Dunia I di sebuah pemakaman di kota Jeddah, Arab Saudi, Rabu (11/11/2020). Tiga orang dilaporkan terluka dalam insiden tersebut.

Beberapa perwakilan negara dan diplomat asing menghadiri acara yang diadakan di pemakaman non-Muslim itu.

Beberapa jam setelah insiden ledakan tersebut, otoritas setempat mengatakan seorang warga negara Yunani dan seorang petugas keamanan Saudi terluka dalam apa yang mereka gambarkan sebagai serangan "pengecut". 

Pemerintah Inggris mengatakan seorang warga negaranya juga menderita luka ringan akibat ledakan.

Otoritas Arab Saudi dalam siaran kantor berita negara SPA menyatakan penyelidikan sedang dilakukan.

Seorang pejabat dari Yunani, yang menolak disebutkan namanya, sebelumnya mengatakan ada "empat luka ringan, di antaranya satu orang Yunani," tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situasi Stabil

Sementara itu, televisi pemerintah Saudi, menyiarkan dari luar pemakaman dan mengakui bahwa serangan yang melibatkan alat peledak telah terjadi, tetapi menekankan bahwa situasi keamanan sekarang "stabil".

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung dan belum ada pernyataan tentang motif peledakan.

Dalam pernyataan bersama oleh kedutaan besar Prancis, Yunani, Italia, Inggris dan Amerika Serikat - yang semuanya terkait dengan upacara peringatan - mengutuk serangan itu, menyebutnya "pengecut".

"Serangan seperti itu terhadap orang yang tidak bersalah memalukan dan sepenuhnya tanpa keadilan," kata pernyataan itu, menambahkan bahwa mereka berjanji mendukung pemerintah Saudi saat mereka menyelidiki insiden tersebut.

“Upacara tahunan untuk memperingati berakhirnya Perang Dunia I di pemakaman non-Muslim di Jeddah, dihadiri oleh beberapa konsulat, termasuk dari Prancis, menjadi sasaran serangan IED [alat peledak improvisasi] pagi ini, yang melukai beberapa orang," Kata kementerian luar negeri Prancis.

Prancis telah mendesak warganya di kerajaan untuk "waspada maksimum" di tengah ketegangan yang meningkat setelah penyerang bulan lalu memenggal kepala seorang guru sekolah menengah Prancis yang menunjukkan karikatur Nabi Muhammad di kelas. "Secara khusus, lakukan kebijaksanaan dan jauhi semua pertemuan dan berhati-hatilah saat bergerak," kata pernyataan kementerian luar negeri, yang diedarkan kepada penduduk Prancis di Jeddah.

Kedutaan Besar Prancis di UEA juga meminta penduduk Prancis untuk tetap waspada setelah serangan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.