Sukses

Isu Rasisme Krusial di AS, Ini Jurus Joe Biden Mengatasinya Saat Menjabat Presiden

Begini jurus presiden terpilih Joe Biden menangani isu rasisme di AS.

Liputan6.com, Washington D.C- Isu rasisme di Amerika Serikat telah menjadi masalah krusial bagi negara tersebut, yang sudah menjadi bagian dalam sejarahnya. 

Terlebih terhadap masyarakat kulit hitam atau kerap disebut sebagai warga keturunan Afrika-Amerika, isu rasisme seakan menjadi masalah yang tak kunjung menemukan titik akhirnya. Bahkan, baru-baru ini mencuat kembali ke permukaan usai kasus kematian George Floyd, pria kulit hitam yang tewas akibat ulah polisi kulit putih di AS. 

Banyak orang menilai bahwa Presiden Donald Trump seolah menjadi bahan bakar bagi isu rasisme yang menyulut api kemarahan dan dendam menjadi semakin besar. 

Oleh karena itu, kemenangan Joe Biden diharapkan bisa memunculkan harapan baru agar isu rasisme perlahan sirna.

Mengutip BBC, Selasa (10/11/2020), Biden bertujuan untuk menjadikan penanganan rasisme sebagai pilar utama pemerintahannya.

Dia menginginkan langkah-langkah termasuk akses yang lebih baik ke perumahan yang terjangkau bagi komunitas kulit hitam dan minoritas, perlakuan yang adil dan pembayaran bagi pekerja dan memungkinkan Federal Reserve - bank sentral AS, yang menetapkan kebijakan moneter - untuk berbuat lebih banyak untuk mengurangi disparitas kekayaan rasial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ubah Struktur Kepolisian AS

Biden juga ingin mengubah kepolisian AS dengan melarang penggunaan chokeholds yang telah terlibat dalam kematian profil tinggi di tangan polisi, menghentikan transfer "senjata perang" ke pasukan polisi dan membentuk komisi pengawasan polisi nasional.

Dia selanjutnya berencana untuk mengurangi populasi penjara AS, yang jumlahnya lebih dari dua juta orang dan merupakan yang terbesar di dunia dan termasuk narapidana kulit hitam dan minoritas dalam jumlah yang tidak proporsional, dan lebih fokus pada "penebusan dan rehabilitasi".

"Sistem peradilan pidana kita tidak bisa hanya kecuali kita membasmi perbedaan ras, jenis kelamin, dan berbasis pendapatan dalam sistem," kata rencananya.

AS diguncang oleh protes terhadap kebrutalan polisi menjelang pemilihan. 

Rekaman kematian George Floyd dalam tahanan polisi di Minneapolis pada Mei memicu kemarahan di seluruh dunia, dan jajak pendapat menunjukkan bahwa ketidaksetaraan rasial adalah faktor terbesar kedua yang menentukan bagaimana orang memilih kandidat presiden setelah ekonomi menjadi faktor utamanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.