Sukses

6 Langkah Penyelamatan Saat Lidah Terbakar Akibat Makanan Panas

Rasa sakit di lidah tentu akan membuat kita tidak punya pilihan lain selain terburu-buru mencari pengobatan yang bisa menenangkan kondisi itu.

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengonsumsi makanan yang masih dalam kondisi panas atau pedas, maka tak heran lidah kita sebagai alat pengecap akan terbakar.

Rasa sakit di lidah tentu akan membuat kita tidak punya pilihan lain selain terburu-buru mencari pengobatan yang bisa menenangkan kondisi itu.

Untungnya, ada beberapa solusi yang dapat memberi Anda kelegaan instan tanpa harus pergi membeli obat atau resep dari dokter.

Bright Side yang dikutip Senin (9/11/2020) merangkum sejumlah cara hilangkan rasa terbakar di lidah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Bilas lidah Anda dengan larutan asin

Bilas dengan campuran air asin dan dingin. Anda juga bisa berkumur dengan larutan ini di sekitar mulut Anda secara perlahan sebelum meludahkannya. Bilasan air asin ini memiliki efek antiseptik.

 

3 dari 7 halaman

2. Celupkan lidah Anda ke dalam susu

Susu memiliki kemampuan yang dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Celupkan lidah ke dalam susu dingin dan tunggu beberapa saat hingga Anda merasa lebih baik.

Anda dapat mengulangi prosedur ini apabila rasa perih dan panas pada lidah kembali terjadi. Susu memberikan lapisan khusus yang tidak bisa air biasa lakukan.

 

4 dari 7 halaman

3. Oleskan madu ke area yang terbakar

Madu tidak hanya memiliki efek menenangkan, tetapi juga memiliki rasa yang enak. Produk ini juga merupakan penyembuh luka bakar yang terbukti secara ilmiah.

Jika Anda tidak alergi terhadap produk madu, ini mungkin menjadi salah cara terbaik. Ambil sesendok madu dan letakkan lidah Anda yang terbakar.

 

5 dari 7 halaman

4. Taruh permen karet mint tepat di atas area yang terbakar

Mint adalah obat sederhana dan cepat yang dapat membantu Anda berkat mentolnya yang membantu mengaktifkan area penginderaan.

Ini akan memberi Anda sensasi sejuk, jadi Anda secara alami akan mulai merasa lebih baik. Cukup taruh permen karet mint di area luka dan jangan dikunyah. Pastikan untuk tidak membiarkannya terlalu lama, terutama jika Anda terlalu sensitif terhadap produk mint secara umum.

 

6 dari 7 halaman

5. Coklat atau gula

Gula pasir diketahui bisa digunakan untuk mengobati luka yang sulit disembuhkan. Ini akan membantu meredakan nyeri awal yang menjengkelkan itu.

Taruh gula pasir di lidah Anda dan tekan ke langit-langit mulut Anda. Anda juga dapat menggunakan produk apa pun yang mengandung gula seperti cokelat.

7 dari 7 halaman

6. Lidah buaya

Lidah buaya adalah penyembuh alami yang direkomendasikan untuk mengobati luka bakar. Lidah buaya secara signifikan dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar dan memberi Anda kenyamanan sejak aplikasi pertama. Peras jus lidah buaya langsung ke lidah Anda dan diamkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini