Sukses

Joe Biden Presiden Tertua di Sejarah AS, Ini 10 Pemimpin Dunia Tersepuh Saat Menjabat

Joe Biden meraih kemenangan dalam pemilu AS, hal ini sekaligus menjadikannya sebagai presiden tertua AS. Selain dirinya, berikut ini adalah beberapa pemimpin dunia tersepuh saat menjabat.

Liputan6.com, Washington D.C. - Joe Biden dinyatakan telah memenangkan pilpres 2020, mengalahkan rivalnya Donald Trump. Kemenangan ini membuat ia menjadi presiden AS ke-46.

Pada tahun ini, Joe Biden berusia 78 tahun dan itu membuatnya menjadi presiden AS tertua sepanjang sejarah. Sementara kiprahnya di dunia politik tercatat sejak 1973. 

Ternyata tidak hanya Joe Biden yang masuk kategori presiden tertua saa menjadi presiden terpilih AS, sejumlah pemimpin dunia juga tercatat dalam daftar tersebut.

Berikut ini 10 pimimpin dunia tersepuh saat menjabat, dikutip dari US News dan sejumlah sumber, Senin (9/11/2020):

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Presiden Kuba Raul Castro

Raul Castro merupakan mantan presiden Kuba yang kini berusia 89 tahun. Ia mulai memimpin Kuba sejak usianya 77 tahun.

Meski tidak lagi menjabat sebagai presiden, Raul tetap menjadi Sekretaris Pertama Partai Komunis, yang oleh konstitusi Kuba digambarkan sebagai "kekuatan penuntun tertinggi" negara.

3 dari 11 halaman

2. Emir Kuwait Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah

Dikenal sebagai "Orang Bijak", Emir Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah dari Kuwait, pada 91 tahun masih menjadi pemimpin Kuwait sebelum akhirnya wafat. Selama beberapa dekade, ia menjadi tokoh terkemuka di negara Teluk yang kaya minyak itu.

Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah mulai memimpin Kuwait saat usianya 76 tahun. Hal ini menjadikannya sebagai pemimpin tersepuh di Kuwait.

4 dari 11 halaman

3. Mantan Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi

Beji Caid Essebsi merupakan mantan Presiden Tunisia yang wafat pada tahun 2019 lalu, ia wafat saat berusia 92 tahun.

Essebsi merupakan tokoh yang dianggap memajukan demokrasi di Tunisia, sehingga kematiannya membawa duka mendalam bagi rakyat Tunisia.

Ia mulai menjabat sebagai Presiden Tunisia saat berusia 87 tahun. Kala itu ia memenangkan pemilu 2014 setelah adanya pemberontakan Arab. 

Sejak ia menjabat, Tunisia dipuji sebagai satu-satunya negara demokrasi yang muncul dari peristiwa Arab Spring.

5 dari 11 halaman

4. Ratu Elizabeth II dari Inggris

Ratu Elizabeth II tentu telah dikenal warga dunia sebagai pemimpin sepuh. Ia mulai memegang peran sebagai orang nomor satu di Inggris sejak tahun 1952, kala itu ia berusia 68 tahun. 

Sampai hari ini, Ratu Elizabeth II masih menjadi kepala negara Inggris walau umurnya telah mencapai 94 tahun. Bahkan berkat periode kepemimpinannya ini, ia memecahkan rekor dunia sebagai penguasa terlama dalam sejarah Inggris.

6 dari 11 halaman

5. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad

Dr Mahathir Mohamad kini telah berusia 95 tahun, dan sampai sekarang ia masih aktif menjadi politisi di Malaysia. Ia sebelumnya masih menjabat sebagai PM Malaysia sebelum akhirnya mengundurkan diri dari peran tersebut.

Pada masa bakti terakhirnya, Mahathir saat itu telah berusia 93 tahun. Walau telah berhenti sebagai PM Malaysia, ia masih menjadi politikus dan kerap memberikan pandangan politiknya mengenai situasi dunia.

7 dari 11 halaman

6. Presiden Kamerun Paul Biya

Presiden Kamerun Paul Biya masuk ke dalam jajaran pemimpin tersepuh di dunia. Saat ini ia berusia 87 tahun dan masih aktif sebagai pemimpin negara Kamerun.

8 dari 11 halaman

7. Presiden Lebanon Michel Aoun

Presiden Lebanon Michel Aoun telah berusia 85 tahun. Ia lahir pada tahun 1935, hal ini menjadikannya sebagai pemimpin Lebanon tersepuh sepanjang sejarah.

Ia mulai menjabat sebagai Presiden Lebanon sejak tahun 2016, saat itu usianya adalah 81 tahun.

9 dari 11 halaman

8. Presiden Palestina Mahmoud Abbas

Mahmoud Abbas merupakan Presiden Palestina yang menjabat sejak tahun 2005. Saat ini ia masih aktif menjadi pemimpin negara tersebut walau sudah berusia 84 tahun.

10 dari 11 halaman

9. Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud merupakan Raja Saudi yang ke-7. Sampai saat ini, ia masih aktif untuk memimpin Saudi meskipun telah berusia 84 tahun. 

Raja Salman mulai memimpin Arab Saudi sejak tahun 2015, kala itu ia masih berusia 79 tahun.

11 dari 11 halaman

10. Donald Trump

Presiden AS Donald Trump jelas bukan salah satu pemimpin tertua di dunia, tetapi dia berhasil merebut gelar sumpah Presiden Amerika tertua.

Donald Trump mulai menjabat pada usia 70 tahun, melampaui rekor yang dibuat oleh Ronald Reagan pada usia 69. Meskipun secara global, kepala negara lain berusia lebih sepuh satu dekade atau lebih darinya.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.