Sukses

Menang Pemilu AS, Joe Biden Janji Cabut Larangan 7 Negara Mayoritas Muslim Masuk Amerika

Pada hari pertama masa kepresidenannya, presiden terpilih Joe Biden bermaksud untuk mencabut larangan pelancong dari 13 negara mayoritas muslim untuk memasuki AS.

Liputan6.com, D.C - Pada hari pertama masa kepresidenannya, presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden berjanji mencabut larangan pelancong dari 13 negara, dengan 7 di antaranya negara mayoritas Muslim, untuk memasuki Negeri Paman Sam. Kebijakan kontroversial itu dulunya diperkenalkan pertama kali pada era Presiden Donald Trump.

Pemerintahan Trump menyusun ulang perintah itu beberapa kali di tengah gugatan hukum dan Mahkamah Agung mendukung versi yang disetujui bersama pada 2018. Negara-negara yang dikenakan pembatasan masuk telah berubah selama bertahun-tahun.

Larangan itu dapat dengan mudah dibatalkan karena dikeluarkan atas perintah eksekutif dan instruksi presiden, menurut para ahli kebijakan, tetapi tuntutan hukum dari kaum konservatif dapat menunda proses tersebut.

Pada Oktober 2020, Biden juga berjanji mendorong politikus membuat undang-undang untuk memerangi meningkatnya jumlah kejahatan rasial di AS.

"Sebagai presiden, saya akan bekerja sama dengan Anda untuk merobek racun kebencian dari masyarakat kita untuk menghormati kontribusi Anda dan mencari ide-ide Anda. Pemerintahan saya akan terlihat seperti Amerika dengan Muslim Amerika yang melayani di setiap tingkatan," katanya.

"Pada hari pertama, saya akan mengakhiri larangan Muslim (masuk AS) yang inkonstitusional diterapkan Trump," kata Joe Biden, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (8/11/2020).

Trump memberlakukan pembatasan perjalanan - yang sering disebut para kritikus sebagai "larangan Muslim" - melalui serangkaian perintah eksekutif yang memilih Iran, Libya, Somalia, Suriah, dan Yaman, lalu memicu kritik bahwa tindakan tersebut merupakan diskriminasi agama yang melanggar hukum.

Trump kemudian memperluas larangan untuk memasukkan Venezuela dan Korea Utara, kemudian menambahkan Nigeria, Sudan, Myanmar, dan tiga negara lain ke dalam daftar.

"Komunitas Muslim adalah yang pertama merasakan serangan Donald Trump terhadap komunitas kulit hitam dan coklat di negara ini, dengan larangan Muslim yang keji. Pertarungan itu adalah rentetan pembukaan dalam apa yang telah hampir empat tahun mengalami tekanan dan penghinaan terus-menerus," kata Joe Biden.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ormas Muslim di AS Ucapkan Selamat

Council on American-Islamic Relations (CAIR), organisasi advokasi dan hak-hak sipil Muslim terbesar di AS, mengucapkan selamat kepada Biden atas kemenangannya dan mengingatkannya untuk menepati janji kampanye.

"Presiden terpilih Biden telah berjanji untuk mengakhiri Larangan Muslim pada hari pertamanya menjabat, termasuk Muslim di setiap tingkat pemerintahannya dan mengatasi masalah diskriminasi rasial dan agama," kata Nihad Awad, direktur eksekutif nasional CAIR.

"Kami berencana untuk bergabung dengan para pemimpin dan organisasi Muslim Amerika lainnya untuk memastikan bahwa pemerintahan Biden memenuhi janji-janji ini. Kami juga berencana untuk terus meminta pertanggungjawaban pemerintah kami jika terjadi kesalahan."

Selama kampanye pemilihan, Trump menuduh Biden ingin "mengakhiri semua larangan perjalanan, termasuk dari wilayah jihadis ... mengizinkan orang yang akan masuk dan meledakkan kota kita dan melakukan sesuatu."

3 dari 3 halaman

Peta Hasil Pemilu AS 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.