Sukses

Suami Wapres Terpilih Kamala Harris Akan Jadi Wakil Bapak Negara Pertama AS

Douglas Emhoff, suami dari Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, akan menjadi pasangan pria pertama dari seorang wakil presiden pada bulan Januari.

Liputan6.com, D.C - Douglas Emhoff, suami dari Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, akan menjadi pasangan pria pertama dari seorang wakil presiden AS. Ini merupakan pertama kalinya Negeri Paman Sam memiliki seorang Second Gentleman atau Wakil Bapak Negara atau apapun gelar resminya nanti ketika Harris resmi dilantik sebagai Wapres AS pada Januari 2021 mendatang.

Seorang Yahudi, Ermhoff membuat sejarah dengan haknya sendiri, cerminan dari norma politik dan gender bangsa Amerika yang berubah.

CNN hari Sabtu memproyeksikan bahwa Joe Biden akan menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat, menjadikan Harris sebagai wakil presiden berikutnya. Harris, senator Partai Demokrat dari California, akan mengukir sejarah sebagai wanita pertama, orang kulit hitam pertama, dan orang pertama keturunan Asia Selatan yang menjabat sebagai wakil presiden.

"Sangat bangga padamu," cuit Emhoff di Twitter pada Sabtu 7 November 2020 --hari di mana hampir seluruh media besar AS memproyeksikan kemenangan Joe Biden, pasangan Kamala Harris dalam Pilpres.

Dalam cuitan itu, Emhoff mengunggah foto dirinya dan Kamala Harris berpelukan.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa Emhoff?

Emhoff, seorang pengacara hiburan yang sukses, adalah kehadiran yang sebagian besar pendiam dan mendukung di jalur kampanye ketika Harris mencalonkan diri sebagai presiden selama pemilihan pendahuluan Demokrat. Harris keluar dari balapan utama sebagai kandidat capres pada Desember dan bergabung dengan Biden sebagai pasangannya pada bulan Agustus.

Emhoff menghindar dari sorotan, dan sering terlihat di belakang panggung atau di pinggir kerumunan di acara Harris dengan memakai kaus "Kamala". Namun dia aktif di media sosial, dengan para pendukungnya menyebut diri mereka #DougHive, meniru pendukung Harris dan #KHive.

Dia mendapat perhatian tahun lalu ketika dia bergegas ke atas panggung untuk melindungi Harris setelah seorang pengunjuk rasa datang cukup dekat dengan senator untuk mengambil mikrofonnya.

Emhoff juga membela Harris ketika Donald Trump Jr., putra Presiden, me-retweet kebohongan rasis bahwa Harris bukan orang kulit hitam Amerika karena orang tuanya berimigrasi dari Jamaika dan India.

Harris dan Emhoff bertemu setelah mereka dijodohkan pada kencan buta pada 2013 oleh sahabat Harris saat Harris menjadi jaksa agung California.

Emhoff, pada saat itu, bercerai dari Kerstin Emhoff, dengannya dia memiliki dua anak, Cole dan Ella.

Emhoff melamar Harris pada 2014 setelah pacaran yang cepat.

Pasangan itu menikah di gedung pengadilan di Santa Barbara akhir tahun itu dalam sebuah upacara yang diresmikan oleh saudara perempuan Harris, Maya.

Harris menulis di majalah Elle pada Mei 2019 bahwa anak-anak tirinya muncul dengan julukan "Momala" beberapa tahun setelah dia dan Emhoff menikah karena mereka lebih suka istilah itu daripada "ibu tiri".

"Keluarga saya sangat berarti bagi saya. Dan saya memiliki banyak gelar selama karier saya, dan tentu saja, 'Wakil Presiden' akan hebat, tetapi 'Momala' akan selalu menjadi yang paling berarti," kata Harris dalam pidato pertamanya setelah Biden memilihnya untuk mencalonkan diri bersamanya ke Gedung Putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.