Sukses

Ini Sosok Jill Biden, Guru Bahasa Inggris yang Jadi First Lady AS

Joe Biden menang Pilpres AS, ia menjadi presiden berikutnya. Sang istri, Jill Biden yang memiliki nama asli Jill Jacobs menjadi first lady atau ibu negara menggantikan Melania Trump.

Liputan6.com, Washington D.C - Berdiri di ruang kelas dan mengajar mata pelajaran bahasa Inggris pada 1990-an, Jill Biden kini menjadi First Lady Amerika Serikat, usai sang suami menang dalam pemilu AS 2020.

Jill Biden yang memiliki nama asli Jill Jacobs lahir pada Juni 1951 di negara bagian New Jersey, AS. Ia adalah anak tertua dari lima bersaudara yang tumbuh besar di Willow Grove, pinggiran Philadelphia.

Sebelum menikahi Joe, ia sempat menjalin biduk rumah tangga dengan mantan pemain sepak bola Bill Stevenson.

Dikutip dari laman BBC, Sabtu (11/8/2020) sementara itu, Joe Biden kehilangan istri pertamanya dan putrinya yang berusia satu tahun dalam kecelakaan mobil pada tahun 1972. Kedua putranya, Beau dan Hunter, selamat dari kecelakaan itu.

Jill mengatakan bahwa dia diperkenalkan kepada Joe melalui saudara laki-lakinya tiga tahun kemudian.

Saat itu, dia adalah senator, saat Jill masih kuliah.

"Saya berkencan dengan pria dengan celana jeans dan sandal bakiak serta kaus oblong, dia datang ke rumah dan dia memiliki mantel dan sepatu olahraga, dan saya berpikir: Tuhan, ini tidak akan pernah berhasil," kata Jill dalam hati saat bertemu dengan pria yang kini jadi presiden AS.

"Dia sembilan tahun lebih tua dariku. Tapi kami tetap berkencan dan pergi menonton film A Man and a Woman di bioskop Philadelphia, dan kami benar-benar cocok," katanya kepada Vogue tentang kencan pertama mereka.

Dia bilang Joe melamarnya lima kali sebelum dia menerimanya.

"Saya tidak bisa membiarkan mereka (anak Joe) yang telah kehilangan ibu. Jadi saya harus 100 persen yakin," jelasnya.

Pasangan itu menikah di New York City pada 1977. Putri mereka, Ashley, lahir pada 1981.

Jill Biden berbicara tentang keluarganya dan perjuangan yang mereka hadapi ketika dia mendukung suaminya sebagai presiden di konvensi partai Demokrat.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karir Mengajar

Jill Biden (69) telah menghabiskan puluhan tahun bekerja sebagai guru.

Selain gelar sarjana, ia memiliki dua gelar master, dan gelar doktor pendidikan dari University of Delaware pada 2007.

Sebelum pindah ke Washington D.C, dia mengajar di community college, di sekolah menengah dan di rumah sakit jiwa untuk remaja.

Sementara suaminya menjabat sebagai wakil presiden, Jill Biden mengajar sebagai profesor bahasa Inggris di Northern Virginia Community College.

"Mengajar bukanlah apa yang saya lakukan. Ini tentang siapa saya," tweetnya pada Agustus 2020.

Politik

Jill Biden sebelumnya menyandang gelar Second Lady saat suaminya menjabat sebagai wakil presiden dari tahun 2009 hingga 2017.

Selama periode ini, pekerjaannya termasuk mempromosikan community college, mengadvokasi keluarga militer, dan meningkatkan kesadaran tentang pencegahan kanker payudara.

Dia juga meluncurkan prakarsa Joining Forces dengan Negara Michelle Obama, termasuk membantu veteran militer dan keluarganya mengakses program pendidikan dan sumber daya pekerjaan.

Pada 2012, dia menerbitkan buku anak-anak berjudul Don't Forget, God Bless Our Troops berdasarkan pengalaman cucunya berada di keluarga militer.

Dia telah menjadi pendukung utama suaminya selama kampanye tahun 2020 dan akan selalu di samping Joe Biden.

3 dari 3 halaman

Peta Pemilu AS Versi VOA:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.