Sukses

Orang Dekatnya Kontak dengan Sosok Positif COVID-19, PM Swedia Isolasi Diri

Swedia mengalami lonjakan infeksi COVID-19 pada musim gugur ini.

Liputan6.com, Stockholm - Swedia mengalami lonjakan infeksi COVID-19 pada musim gugur ini.

Di tengah lonjakan kasus COVID-19 beredar kabar bahwa Perdana Menteri Swedia memutuskan melakukan isolasi diri. Pada Kamis 5 November 2020, dia mengumumkan hal tersebut setelah seseorang yang dekat dengannya bertemu dengan seseorang yang dites positif terkena Virus Corona jenis baru itu.

Dari akun Facebooknya, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (6/11/2020), Perdana Menteri Stefan Lofven mengatakan bahwa atas saran dokternya, dia dan istrinya, Ulla, mengisolasi diri, meski tidak ada gejala.

Dia mengatakan itu adalah “satu-satunya hal yang bertanggung jawab yang harus dilakukan dalam situasi ini.”

Pengumuman Lofven itu disampaikan ketika Badan Kesehatan Masyarakat Swedia melaporkan rekor 4.034 infeksi harian baru COVID-19 dan lima kematian, sehingga total kematian di Swedia menjadi 6.002 sejauh ini.

Dalam pernyataannya yang diunggah di Facebook, Lofven mengatakan infeksi baru itu jelas menuju ke arah yang salah.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Swedia Telat PSBB

Pada awal pandemi, ketika negara-negara di kawasan Nordik lain kini memberlakukan PSBB untuk membendung virus, tetapi Swedia menarik perhatian internasional dengan tetap membuka sekolah, pusat kebugaran, dan restoran dan tidak mengharuskan orang memakai masker.

Dalam beberapa minggu terakhir, ketika infeksi meningkat, pemerintah mulai menerapkan pembatasan pada jumlah orang dalam pertemuan sosial, pelanggan di restoran dan transportasi umum. Pemerintah Swedia juga mendorong orang agar bekerja dari rumah jika memungkinkan.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Mudah Pahami Penyebaran Corona COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.