Sukses

10 Presiden AS Pengukir Sejarah, Perdana Foto Resmi hingga Pasang Telepon

Sejarah presiden AS diliputi dengan berbagai tokoh yang keren. Tokoh-tokoh ini telah membawa AS untuk berkembang dan berubah sampai seperti sekarang ini.

Liputan6.com, Washington D.C. - Presiden AS dapat dikatakan sebagai seorang dari kalangan elit, tetapi mereka semua berhasil menonjol dalam satu atau lain cara. Banyak dari mereka membuat sejarah dengan menjadi yang "pertama" melakukan sesuatu.

Mereka dapat menjadi pelopor untuk mengukir sejarah, salah satunya seperti Presiden Grover Cleveland menjadi presiden pertama yang menikah di Gedung Putih atau Presiden Barack Obama menjadi presiden pertama yang secara terbuka mendukung pernikahan gay.

Namun tidak semua dari mereka membuat sejarah yang baik, adapun dari mereka yang mengukir sejarah buruk sebagai presiden AS seperti Bill Clinton (presiden AS pertama yang disiarkan langsung di televisi karena terjerat masalah hukum).

Dikutip dari Ranker, Kamis (5/11/2020), berikut ini adalah daftar presiden AS yang paling terkeren sepanjang sejarah:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Ronald Reagan

Ronald Reagan menjadi presiden AS pertama yang menominasikan perempuan untuk turun terjun dalam birokrasi AS. 

Banyak masyarakat dunia mungkin yang mengetahui Barack Obama telah mengukir sejarah dengan menominasikan perempuan di Mahkamah Agung, namun tren tersebut dimulai oleh Presiden Ronald Reagan.

Reagan mengukir sejarah dengan menegakkan hak-hak perempuan ketika dia mencalonkan Sandra Day O'Connor ke pengadilan.

3 dari 11 halaman

2. John Adams

John Adams merupakan presiden pertama di AS (sebelum masa Abraham Lincoln) yang menentang perbudakan. 

Masyarakat dunia mungkin mengetahui bahwa perbudakan di AS dihentikan oleh Presiden Abraham Lincoln, namun sebenarnya hal ini sudah dipelopori oleh John Adams, dengan tidak memiliki budak seperti presiden sebelumnya.

Namun tradisi ini tidak dilakukan oleh presiden setelahnya. Adams dikenang sebagai presiden pertama yang tidak setuju pada perbudakan manusia.

4 dari 11 halaman

3. Lyndon B. Johnson

Presiden Lyndon B. Johnson adalah yang pertama memperjuangkan keadilan warga kulit hitam untuk terjun ke birokrasi AS. Ia adalah orang pertama yang mengangkat hakim dari warga kulit Hitam ke Mahkamah Agung pada tahun 30 Agustus tahun 1967.

Johnson menunjuk Hakim Thurgood Marshall ke Mahkamah Agung Amerika Serikat. Ia kemudian pensiun pada tahun 1991, dua tahun sebelum meninggal pada usia 84 tahun.

 

5 dari 11 halaman

4. John Quincy Adams

Presiden John Quincy Adams adalah presiden pertama yang merasakan sesi foto kepresidenan. Berbeda dari ayahya John Adams, yang saat masa pemerintahannya hanya dilukis.

Presiden Quincy Adams adalah presiden pertama yang perdana duduk manis untuk sesi foto resmi itu, hal tersebut mungkin menjadi pengalaman yang memukau pada saat itu.

6 dari 11 halaman

5. Franklin D. Roosevelt

Presiden Franklin D. Roosevelt (FDR) menjadi presiden yang pertama kali muncul di TV. Saat itu ia merupakan Panglima Tertinggi pertama yang muncul melalui media tersebut.

FDR juga menjadi terkenal di radio dengan "fireside chats", ia muncul dalam siaran World's Fair in New York tahun 1939.

7 dari 11 halaman

6. Rutherford B. Hayes

Presiden Rutherford B. Hayes menjadi presiden pertama yang mengalirkan akses telepon ke gedung putih. Ia mengawasi pemasangan telepon di Gedung Putih secara langsung kala itu.

8 dari 11 halaman

7. William McKinley

Presiden William McKinley mendapat kehormatan menjadi presiden pertama yang duduk dan mengetahui seperti apa rasanya duduk di dalam mobil.

Penemu kereta uap Locomobile bernama F.O. Stanley yang mengantar Presiden McKinley saat itu.

9 dari 11 halaman

8. Calvin Coolidge

Presiden Calvin Coolidge merupakan presiden pertama yang dilantik di hadapan ayahnya sendiri. Coolidge tadinya merupakan wakil presiden saat pemerintahan Presiden Harding. 

Presiden Harding wafat dan segera digantikan oleh Coolidge. Pengangkatan itu dilakukan di kediaman ayah Coolidge di Vermont. 

10 dari 11 halaman

9. George H.W. Bush

Presiden George H.W. Bush adalah direktur CIA pertama yang menjadi Panglima Tertinggi.

Pada tahun 1989, Presiden ke-41 George Bush membuat sejarah dengan menjadi presiden Amerika pertama dengan gelar "direktur CIA" di resume-nya.

11 dari 11 halaman

10. John Tyler

Presiden John Tyler membuat sejarah ketika dia menikah lagi setelah kematian istrinya Letitia.

Hampir dua tahun setelah kematian Letitia, Tyler menikah dengan Julia Gardiner. Dia mengadakan acara di New York City, bukan di Gedung Putih, tetapi tetap berada di kantor presiden. 

Oleh karena itu, Tyler adalah presiden AS pertama yang menikah di kantor.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.