Sukses

Menteri Hungaria Positif COVID-19 Usai Berkunjung, Pemimpin-Pejabat Kamboja Karantina

Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Peter Szijjarto dinyatakan positif COVID-19 setelah tiba di Thailand dari Kamboja dalam turnya ke Asia.

Liputan6.com, Budapest - Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria Peter Szijjarto, yang baru saja menyelesaikan lawatannya ke Kamboja dinyatakan positif COVID-19.

Mengetahui kabar tersebut, Perdana Menteri Kamboja Samdech Techo Hun Sen pada Rabu 4 November 2020 mengatakan bahwa dia sudah mulai menjalani karantina 14 hari,

Szijjarto dinyatakan positif COVID-19 pada Selasa 3 November malam waktu setempat, setelah tiba di Thailand dari Kamboja dalam turnya ke Asia, tulis Hun Sen di akun Facebook resminya seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (5/11/2020). 

Dalam kunjungan satu hari ke Kamboja pada hari Selasa, Szijjarto bertemu secara terpisah dengan Hun Sen, Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhonn, Menteri Perdagangan Kamboja Pan Sorasak, dan Menteri Pertanian Kamboja Veng Sakhon, serta anggota Parlemen Sous Yara.

Hun Sen mengatakan bahwa dia dan istrinya Bun Rany serta para pengawal dan sopirnya, dengan total 18 orang, telah menjalani tes pertama COVID-19 dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka semua negatif COVID-19.

"Meski saya belum terjangkit COVID-19, demi keamanan semua pihak, dokter meminta saya menjalani karantina 14 hari (di rumah), dan saya tidak bisa bertemu dengan istri, anak-anak, serta cucu-cucu selama masa karantina," kata perdana menteri Kamboja itu.

Dia menambahkan bahwa selama periode karantina COVID-19 tersebut, dia tidak akan bisa menghadiri beberapa acara penting, termasuk Hari Kemerdekaan pada 9 November dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ke-37 yang akan digelar secara virtual.

"Saya ingin meminta pengertian dari kepala negara/pemerintahan ASEAN dan seluruh mitra terkait bahwa saya tidak dapat berpartisipasi dalam KTT itu, dan saya akan mengirim perwakilan untuk menghadirinya pada 12-15 November," tulis Hun Sen.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan Isolasi dan Tes COVID-19

Dalam pernyataan pers yang dirilis pada Rabu, Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Kamboja menyampaikan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk mengizinkan seluruh pemimpin dan pejabat negara yang pernah berkontak langsung dengan delegasi Hungaria menjalani tes COVID-19 dan mengisolasi diri selama 14 hari.

Disebutkan pula bahwa Szijjarto dan para anggota delegasinya dinyatakan negatif COVID-19 sebelum bertolak dari Budapest menuju Kamboja.

3 dari 3 halaman

Infografis Seluk-beluk Tes Medis Corona COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.