Sukses

Bawa Ponsel ke TPS Pemilu Amerika Ternyata Berbahaya, Sindikat Kriminal Mengintai

Apakah mengambil foto atau selfie di tempat pemungutan suara saat pemilu AS diperbolehkan?

Liputan6.com, New York - Pesta demokrasi bagi warga Amerika Serikat telah berlangsung. Kini, hasil penghitungan suara usai Pemilu AS tengah dilakukan di seluruh penjuru negeri.

Ada banyak postingan warga Amerika Serikat di media sosial yang menunjukkan bahwa mereka telah berpartisipasi dalam pemilu AS tahun 2020.

Dari sejumlah foto, ada yang memposting di tempat pemungutan suara. Pertanyaannya, apakah mengambil foto atau berselfie di tempat pemungutan suara diperbolehkan?

Dikutip dari laman Mentalfloss.com, Kamis (5/11/2020) jawaban singkatnya adalah tergantung di mana Anda tinggal. Dengan asumsi Anda tidak mengambil foto untuk tujuan gelap dan jahat. Tapi itu bukan alasan untuk melakukannya.

Namun, tidak mengambil foto di lokasi pemungutan suara dan mengabadikan pasangan kandidat mana yang kita pilih akan menghindari kita dari intimidasi.

Pada 2012, seorang pemilih di North Carolina membawa ponsel ke tempat pemungutan suara. Dia telah membuat catatan tentang kandidat mana yang ingin dia pilih di teleponnya, mengeluarkan teleponnya untuk membaca daftar, dan segera dihubungi oleh petugas pemilihan, yang akhirnya membuatnya harus meninggalkan ruangan namun diminta kembali dengan membuat catatan di selembar kertas, lalu kembali untuk memberikan suaranya.

Seperti yang dijelaskan afiliasi NBC lokal WRAL, ada dua masalah: yang pertama adalah, dengan memiliki ponsel, dapat mengirim pesan kepada seseorang dan menerima informasi tentang siapa yang harus dipilih.

Poin kedua, jika beberapa penjahat menghabiskan sejumlah besar uang untuk membeli suara, satu-satunya cara mereka dapat mengetahui apakah pemilih telah mengikuti instruksi mereka mengirim bukti dengan gambar.

WRAL bahkan menyinggung tentang sindikat kriminal yang memberikan telepon seluler kepada orang-orang untuk mendokumentasikan suara mereka di tempat pemungutan suara. North Carolina sejak itu melonggarkan peraturannya sehingga Anda diizinkan untuk membawa ponsel ke bilik bersama Anda, tetapi Anda masih tidak diizinkan untuk berkomunikasi atau mengambil gambar.

Tentu saja, poin-poin ini sedikit melemah karena maraknya partisipan yang tidak hadir. Pada tahun 2000, sebuah situs satir, Lelang Suara, muncul.

Premisnya adalah Anda akan melelang suara Anda dan kemudian mengisi surat suara yang tidak hadir. Surat suara yang tidak hadir itu akan dikirim, diverifikasi, dan dikirim ke tempat pemungutan suara yang benar.

Situs tersebut, tentu saja, sangat ilegal dan dengan cepat ditutup. Masalah suap dan pemaksaan mengemuka dalam kasus baru-baru ini terhadap undang-undang anti-pemungutan suara di New York.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekhawatiran Lain

Ada kekhawatiran lain tentang selfie di tempat pemungutan suara. Menurut HuffPost, pada 1994 ada kekhawatiran bahwa video jajak pendapat adalah "upaya terselubung untuk mengintimidasi pemilih kulit hitam di tempat pemungutan suara."

Dan pada 1960-an, ada laporan bahwa Texas berada di distrik Meksiko-Amerika dan menggunakan kamera, tampaknya mengambil foto para pemilih.

Meskipun kasus-kasus ini tidak pernah ditindak. Kasus ini membantu menciptakan gelombang pembatasan fotografi tidak hanya di tempat pemungutan suara, tetapi juga di area sekitar mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.