Sukses

Pendukung Biden Pawai Damai di New York, Demo Loyalis Trump Ricuh di Detroit

Aksi unjuk rasa di antara para pendukung dari kedua kandidat Pemilu Amerika 2020 terlihat berbeda secara signifikan.

Liputan6.com, New York - Ribuan pendukung Joe Biden tengah melakukan pawai damai pada Rabu 4 November 2020 malam di New York, untuk menuntut setiap suara dalam pemilihan presiden yang ketat dihitung, ketika beberapa pendukung Donald Trump memprotes di Detroit menuntut penghentian penghitungan suara di negara bagian utama Michigan.

Mengutip laman Channel News Asia, Kamis (5/11/2020), demonstran di New York berlangsung damai dan berlangsung selama beberapa generasi, dengan para demonstran bergerak dari Fifth Avenue menuju Washington Square Park di Greenwich Village, Manhattan.

Di kubu Demokrat di New York, para demonstran berharap, tetapi masih berhati-hati untuk memanggil kandidat mereka yaitu Biden.

"Kami perlu menghitung setiap suara dalam pemilihan ini," kata Sarah Boyagian, bagian dari Koalisi Lindungi Hasil di balik demonstrasi yang diselenggarakan di bawah pengawasan ketat polisi.

"Donald Trump telah mengklaim pemilihan sebelum setiap suara dihitung dan kami mengirimkan pesan bahwa itu tidak dapat diterima," kata pria berusia 29 tahun itu kepada AFP.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Protes di Detroit Ricuh

Protes yang terjadi di Detroit, di luar pusat pemrosesan surat suara jauh lebih tegang, menurut seorang fotografer AFP dan video yang beredar di media sosial.

Teriakan "Hentikan hitungan!" terdengar di kota Michigan - di mana media AS menyatakan Biden sebagai pemenang - ketika kampanye Trump mengumumkan gugatan untuk mencoba menangguhkan penghitungan suara, mengklaim timnya ditolak akses yang tepat untuk mengamati penghitungan suara.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan pengunjuk rasa dengan tinju terangkat dicegah memasuki pusat oleh polisi.

Dengan 16 suara elektoral Michigan, Biden sekarang memiliki total 264 suara - enam poin di bawah jumlah 270 yang dibutuhkan untuk memenangkan kursi kepresidenan AS.

3 dari 4 halaman

Infografis Pemilu AS 2020

4 dari 4 halaman

Peta Pemilu AS 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.