Sukses

Jelang Pilpres AS, Anthony Fauci dan Gedung Putih Berselisih Paham Soal COVID-19

Dokter Anthony Fauci memiliki pandangan yang berbeda dengan Gedung Putih.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ilmuwan pemerintah top Amerika, Anthony Fauci, telah mengeluarkan permohonan mendesak untuk perubahan kebijakan AS tentang Virus Corona baru, yang kemudian mendapat teguran keras dari pemerintahan Donald Trump di hari-hari terakhir kampanye Pilpres AS 2020.

Dalam sebuah wawancara di Washington Post pada Minggu 1 November, Fauci memperingatkan bahwa Amerika Serikat sedang menuju "banyak luka" kecuali jika membuat "perubahan mendadak" dalam praktik kesehatan. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Senin (2/11/2020). 

Dengan banyak orang Amerika mengabaikan praktik yang aman dan banyak rumah sakit sudah berada dalam tekanan parah saat cuaca dingin dan musim flu tiba, "Anda tidak mungkin ditempatkan lebih buruk", kata Fauci.

"Ini bukan situasi yang baik."

Virus itu telah merenggut lebih dari 230.000 nyawa di AS, yang pekan lalu menderita rekor jumlah kasus yang tinggi yakni mencapai 98.000 pada hari Jumat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuai Tanggapan Pedas Gedung Putih

Judd Deere, juru bicara Gedung Putih, memberikan tanggapan pedas kepada Fauci.

"Ini tidak dapat diterima dan melanggar semua norma bagi Dr Fauci, anggota senior dari Satgas Coronavirus Presiden dan seseorang yang telah memuji tindakan Presiden Trump selama pandemi ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Dia mengecam Fauci karena "memilih untuk mengkritik presiden di media dan membuat kecenderungan politiknya diketahui dengan memuji lawan presiden".

Trump, yang terus berkampanye melawan penantang Demokrat Joe Biden, telah bersikeras bahwa negara itu "memutarbalikkan" virus, dan bahkan menuduh tanpa bukti apa pun, bahwa banyak dokter menggembungkan jumlah kematian akibat virus untuk mendapatkan keuntungan.

"Maksud saya, dokter kami adalah orang yang sangat pintar," kata Trump pada rapat umum hari Jumat di Michigan. 

"Jadi yang mereka lakukan adalah mengatakan, 'Maaf, tapi semua orang meninggal karena COVID.'"

Dia menyarankan, sekali lagi tanpa bukti, bahwa dokter dapat menagih lebih banyak dalam kasus itu.

Fauci, anggota teratas gugus tugas virus corona Gedung Putih, pernah memberi tahu Trump tentang virus hampir setiap hari tetapi mengatakan presiden tidak lagi meminta nasihatnya.

Sebaliknya, Fauci mengatakan hal-hal positif tentang Biden.

Kampanye mantan wakil presiden, katanya dalam wawancara, "menganggapnya serius dari perspektif kesehatan masyarakat".

Pada pertengahan Oktober, selama panggilan konferensi telepon, Trump menyebut Fauci sebagai "bencana".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.