Sukses

4 Istilah Terkait Aturan Pemilu Presiden Amerika Serikat

Menghitung total surat suara bisa memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu. Terlebih Amerika Serikat adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia.

Liputan6.com, Washington D.C - Pemilihan presiden tahun 2020 memperkenalkan banyak persyaratan pemungutan suara baru kepada orang Amerika Serikat dengan dua kandidat yaitu Donald Trump atau Joe Biden.

Pandemi Virus Corona COVID-19 mendorong rekor jumlah warga Amerika Serikat untuk memberikan suara melalui surat, sebuah proses yang berulang kali ditolak Trump sebagai awal dari sebuah penipuan.

Menghitung total surat suara bisa memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu. Terlebih Amerika Serikat adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia.

Berikut adalah beberapa istilah terkait Pemilu AS yang perlu Anda ketahui, dikutip dari laman National Post, Jumat (2/11/2020):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Vote by Mail

Pemungutan suara ini juga disebut absentee voting, istilah yang sekarang dihindari oleh beberapa pejabat pemilu karena di banyak negara bagian, pemilih tidak lagi harus absen untuk meminta surat suara.

BALLOT CURING: Para pemilih yang surat suara masuknya telah ditolak biasanya diberi kesempatan untuk memperbaiki masalah tersebut, yang sering disebut "kerusakan surat suara".

Namun aturan tentang memperbaiki surat suara berbeda-beda, dan beberapa negara bagian tidak memberi tahu pemilih jika surat itu ditolak.

DROP BOX: Di tengah kekhawatiran tentang lambatnya layanan surat di beberapa bagian negara, beberapa daerah memungkinkan pemilih untuk mengembalikan surat suara ke kotak penyerahan. Beberapa pejabat dari kubu Republik berusaha membatasi penggunaannya, dan Trump berpendapat, tanpa bukti itu tidak aman.

NAKED BALLOT: Para pemilih seharusnya memasukkan surat suara ke dalam amplop keamanan untuk mencegah panitera pemilihan melihat siapa yang mereka pilih.

Surat suara yang dikembalikan tanpa amplop tambahan disebut "surat suara polos", dan meskipun banyak negara bagian masih akan menghitungnya, Pennsylvania tidak akan melakukannya.

SIGNATURE VERIFICATION: Banyak negara bagian mengharuskan pemilih menandatangani amplop luar pada surat suara yang masuk, dan tanda tangan itu kemudian diperiksa.

UNSOLICITED BALLOTS: Ini adalah istilah yang mulai digunakan Trump pada bulan September untuk merujuk pada sembilan negara bagian ditambah Washington, D.C., yang secara otomatis mengirimkan surat suara ke setiap pemilih yang terdaftar untuk pemilihan. Pejabat pemilu keberatan dengan istilah tersebut, karena siapa pun yang telah mendaftar untuk memberikan suara secara efektif telah meminta surat suara.

3 dari 5 halaman

2. Voting Awal (Early Voting)

Pemilihan awal secara langsung juga melonjak tahun ini, dengan pemilih menunggu dalam antrean panjang pada hari pertama pusat pemilihan awal dibuka di negara bagian seperti Ohio, Florida dan Wisconsin.

Beberapa negara bagian menyebutnya sebagai "pemungutan suara dengan ketidakhadiran secara langsung" atau "pemungutan suara lanjutan".

CURBSIDE VOTING: Di beberapa daerah, pemilih diperbolehkan memberikan surat suara dari mobil mereka jika mereka memiliki disabilitas atau rentan terhadap virus corona. Awal bulan ini, Mahkamah Agung berpihak pada pejabat negara bagian Alabama tentang aturan ini

 

4 dari 5 halaman

3. Hari Pemilihan (Election Day)

CONSENT DECREE: Setelah pertarungan gubernur yang sengit di New Jersey pada tahun 1981, Komite Nasional Republik menandatangani keputusan persetujuan di pengadilan federal yang membatasi "keamanan surat suara" dan kegiatan pengawasan pemungutan suara yang agresif seperti mempekerjakan polisi yang sedang tidak bertugas untuk berpatroli di daerah mayoritas-minoritas mengenakan ban lengan yang serasi yang mungkin mengintimidasi pemilih. Ini adalah pemilihan presiden pertama sejak keputusan persetujuan berakhir.

POLL WATCHER: Seorang pejabat yang biasanya ditunjuk oleh partai politik atau kandidat untuk mengawasi prosedur pemilihan. Pada debat presiden pertama, Trump mendorong para pendukungnya untuk mencoba "pergi ke tempat pemungutan suara dan melihat dengan sangat hati-hati," meningkatkan kekhawatiran tentang upaya pengawasan tidak resmi.

PROVISIONAL BALLOT: Orang yang secara keliru dihapus dari daftar pemilih, tidak muncul di daftar pemilih karena alasan tertentu, atau yang tidak menerima surat suara seperti yang diminta, diizinkan oleh undang-undang tahun 2002 untuk memberikan surat suara sementara, yang diadakan dan dihitung setelah pemilihan jika mereka nantinya ditentukan untuk memenuhi syarat untuk memilih.

Beberapa pemilih juga dapat memberikan surat suara sementara jika mereka mencoba memberikan suara melalui surat dan tidak yakin suara mereka akan dihitung.

5 dari 5 halaman

4. Proses Penghitungan Suara

Mengingat lonjakan dalam jumlah mail-in dan undang-undang negara bagian di lokasi pemilihan seperti Pennsylvania yang melarang juru tulis pemilihan dari pemrosesan surat suara hingga Hari Pemilihan, perlu waktu lebih lama dari biasanya untuk mengetahui siapa yang memenangkan pemilihan presiden tahun ini.

BALLOT PROCESSING: Proses yang memakan waktu untuk memverifikasi pendaftaran pemilih dan memeriksa tanda tangan pada surat suara yang masuk dan membuka amplop untuk menghapus surat suara disebut pemrosesan.

Negara bagian memiliki aturan yang luas. Di Michigan dan Pennsylvania, para pejabat mengatakan kemungkinan akan memproses sampai beberapa hari setelah pemilihan untuk memproses dan menghitung semua surat suara yang masuk.

BLUE SHIFT: Secara historis, surat suara yang datang terlambat dan surat suara sementara cenderung mendukung kandidat Demokrat, sebuah fenomena yang dikenal sebagai "BLUE SHIFT".

Dengan jumlah pemilih Demokrat melalui surat yang jauh lebih tinggi tahun ini, satu kelompok mengatakan hal itu dapat mengarah pada "fatamorgana merah" di mana kandidat dari Partai Republik tampaknya menang dalam hasil awal tetapi kalah saat suara dihitung.

CALLING THE RACE: Saat surat suara dihitung, hasilnya akan dirilis secara berkelompok. Sejak 1848, Associated Press telah mengumpulkan hasil dari seluruh negeri untuk membuat proyeksi pemenang.

Saat ini, banyak organisasi berita, termasuk berita jaringan dan kabel, menggunakan pemodelan matematika dari hasil awal ini untuk pemenang dari berbagai negara bagian, seringkali pada malam pemilihan.

CERTIFICATION: Setelah surat suara selesai diperiksa, petugas pemilu akan mengesahkan hasilnya. Biasanya ini terjadi setelah kandidat yang kalah dan outlet berita mengumumkan hasil penghitungan. Tetapi dalam persaingan ketat mungkin ada perselisihan hukum mengenai hal itu. Batas waktu sertifikasi bervariasi dari satu minggu setelah pemilihan hingga akhir Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini