Sumbang 90 Persen Gaji, Jadi Presiden Termiskin

Oleh Liputan6 pada 23 Sep 2012, 17:46 WIB
Diperbarui 23 Sep 2012, 17:46 WIB
jose-mujica120923c.jpg
Perbesar
Liputan6.com, Montevideo: Presiden identik dengan kemewahan dan beragam fasilitas spesial lain. Tapi tak demikian bagi Presiden Uruguay Jose Mujica. Dia adalah presiden termiskin di dunia, karena menyumbangkan 90 persen gajinya ke badan amal.

Setiap bulan, Mujica mendapat gaji sebesar US$ 12,5 ribu atau sekitar Rp 119 juta. Namun, presiden berusia 77 tahun ini hanya mengambil sepuluh persen dari haknya, sehingga gaji yang ia dapatkan menjadi Rp 11,9 juta.

Meski dijuluki presiden termiskin, Mujica mengaku tak peduli dan merasa baik-baik saja dengan keadaanya. Tanpa kekayaan, rekening bank, dan utang, Mujica mengaku bisa hidup tenang tanpa beban. "Aku tidak masalah dengan gaji kecil, karena masih banyak rakyat miskin yang membutuhkan," katanya seperti dikutip Yahoo! News, Ahad (23/9).

Sang istri, Lucia Topolansky, juga mengikuti jejak Mujica menyumbangkan gaji. Maka tak heran, jika barang mewah yang dimiliki pasangan ini hanya sebuah rumah di Montevideo dan mobil Volkswagen seharga USD 1.945 (Rp 18,6 juta).

Di bawah pemerintahan pemimpin gerilya pada periode 1970-an ini, Mujica berhasil membawa Uruguay menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita terbesar di wilayahnya dan negara bebas korupsi kedua di dunia, menurut indeks lembaga Transparency International.

Mujica adalah presiden ketiga yang dikenal rela menyumbangkan gaji. Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat yang ke-35, John F. Kennedy dan Presiden AS ke-33 Herbert Hoover. Hoover, juga melakukan hal serupa. Mereka tak pernah menerima uang dari tugasnya dalam melayani masyarakat.(AIS)