Sukses

Buntut Masa Darurat COVID-19 Ditolak Raja Malaysia, PM Muhyiddin Diminta Mundur

PM Muhyiddin meminta aturan darurat di tengah lonjakan baru infeksi di Malaysia dan pandemi COVID-19 global yang telah menghantam perekonomian.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menghadapi seruan untuk mengundurkan diri pada Senin, 26 Oktober 2020.

Dikutip dari laman theedgemarkets, Selasa (27/10/2020), seruan itu terus menyeruak setelah Raja Malaysia menolak permintaannya untuk menyatakan keadaan darurat guna memerangi epidemi Virus Corona COVID-19.

Muhyiddin telah meminta aturan darurat di tengah lonjakan baru infeksi di Malaysia dan pandemi global yang telah menghantam perekonomian.

Tetapi para kritikus menuduhnya menggunakan ini sebagai dalih untuk menangguhkan parlemen dan menghindari ujian mayoritas dewan perwakilan rakyat tersebut.

Penolakan dari Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah terlihat semakin mengikis cengkeraman Muhyiddin pada kekuasaan, sebulan setelah pemimpin oposisi Datuk Seri Anwar Ibrahim mengatakan dia mendapat dukungan mayoritas di Parlemen, termasuk dari pembelot dan aliansi untuk membentuk pemerintahan baru.

Menolak permintaan Muhyiddin pada Minggu, 25 Oktober, Raja Malaysia juga meminta politikus itu untuk mengakhiri politik yang dapat mengganggu kestabilan pemerintah yang menurutnya telah menangani pandemi dengan baik, dan menekankan pentingnya Anggaran 2021 yang dijadwalkan akan ditetapkan pada 6 November.

Tetapi para pemimpin partai lain dalam koalisi Muhyiddin dan oposisi mengkritik langkahnya untuk mencari kekuatan darurat dan meminta dia untuk mundur setelah tawaran itu gagal.

"Syukurlah, Yang Mulia Raja tidak terpengaruh oleh permainan politik yang dapat menyeret negara ke wilayah yang lebih kritis," kata Datuk Dr Mohd Puad Zarkashi, pemimpin senior Umno (partai terbesar dalam koalisi yang berkuasa) mengatakan dalam sebuah posting di Facebook.

"Kesejahteraan rakyat lebih penting. Seharusnya, Muhyiddin harus mundur," kata Mohd Puad.

Anggota parlemen oposisi Wong Chen mengatakan proposal "jahat" Muhyiddin telah ditolak oleh Raja Malaysia, dan perdana menteri harus mengundurkan diri atau memecat menteri yang mengusulkan keadaan darurat.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ujian Pandemi Bagi Muhyiddin

Negara yang terletak di Asia Tenggara itu jatuh ke dalam ketidakstabilan politik pada akhir Februari setelah pengunduran diri perdana menteri sebelumnya, politisi veteran Tun Dr Mahathir Mohamad, setelah koalisinya pecah, dan mantan sekutunya Muhyiddin membentuk aliansi baru dengan Umno untuk menjadi perdana menteri.

Dalam beberapa minggu, Muhyiddin dihadapkan pada krisis Virus Corona COVID-19, tetapi koalisi baru yang berkuasa juga dilanda pertikaian.

Dan beberapa pemimpin terjerat korupsi Umno, terutama mantan perdana menteri Datuk Seri Najib Razak, telah mencoba untuk menghidupkan kembali kejayaan politik mereka.

Politisi negara, bagaimanapun, dapat dipengaruhi oleh seruan raja untuk menghindari politik, dan mengutamakan kebutuhan bangsa, kata para analis.

"Raja tampaknya mengirimkan sinyal bahwa pemerintah hari itu akan bertahan, dan Anggaran harus disahkan, dan tidak boleh ada perubahan politik, setidaknya untuk saat ini," Shazwan Mustafa Kamal, seorang konsultan risiko politik dan kebijakan Vriens & Partners, kata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.