Sukses

25-10-1944: Jepang Kirim Pasukan Kamikaze Pertamanya pada Perang Dunia II

Pada tanggal 25 Oktober 1944, selama Pertempuran Teluk Leyte, Jepang mengerahkan pesawat pembom bunuh diri kamikaze ke kapal perang AS untuk pertama kalinya dalam Perang Dunia II.

Liputan6.com, Leyte - Pada tanggal 25 Oktober 1944, selama Pertempuran Teluk Leyte, Jepang mengerahkan pembom bunuh diri yang dikenal dengan istilah 'kamikaze' ke kapal perang Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Ini akan terbukti mahal – bagi kedua belah pihak.

Keputusan untuk mempekerjakan pembom bunuh diri terhadap armada Amerika di Leyte, sebuah pulau di Filipina, didasarkan pada kegagalan pertempuran laut dan udara konvensional untuk menghentikan serangan Amerika, demikian seperti dikutip dari History, Minggu (25/10/2020).

Pernyataan Kapten Angkatan Laut Jepang Motoharu Okamura: "Saya sangat yakin bahwa satu-satunya cara untuk mengayunkan perang demi kami adalah dengan menggunakan serangan crash-dive dengan pesawat kami…. Akan ada lebih dari cukup sukarelawan untuk kesempatan ini menyelamatkan negara kita."

Pasukan kamikaze pertama sebenarnya terdiri dari 24 pilot sukarelawan dari Grup Udara Angkatan Laut 201 Jepang.

Sasarannya adalah rombongan pengawal kapal induk AS.

Satu kapal, St. Lo, ditabrak oleh pesawat tempur A6M Zero Jepang dan tenggelam dalam waktu kurang dari satu jam, menewaskan 100 orang Amerika. Lebih dari 5.000 pilot kamikaze tewas dalam pertempuran teluk yang menjatuhkan 34 kapal.

Untuk serangan kamikaze mereka, Jepang menggunakan pesawat konvensional dan pesawat yang dirancang khusus, yang disebut Ohka ("bunga sakura") oleh Jepang.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan 'Baka'

Amerika menjuluki rentetan pesawat-pesawat itu sebagai 'Baka' (bodoh dalam Bahasa Jepang), yang melihat mereka sebagai tindakan putus asa. Para 'Baka' itu merupakan pesawat bertenaga roket yang membawa sejumlah peledak di lambungnya untuk kemudian melakukan serangan terhadap target.

Secara keseluruhan, lebih dari 1.321 pesawat Jepang menabrakkan pesawat mereka ke kapal perang Sekutu selama perang, upaya putus asa untuk membalikkan keuntungan Sekutu yang berkembang di Pasifik.

Sementara sekitar 3.000 orang Amerika dan Inggris tewas karena serangan ini, kerusakan yang terjadi tidak mencegah penangkapan Sekutu di Filipina, Iwo Jima dan Okinawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.