Sukses

Jangan Remehkan Manfaat Jalan Kaki, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Stres

Olahraga santai dan mudah yaitu jalan kaki bisa memberi banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang memiliki segudang alasan untuk menunda kegiatan olahraga

Mulai dari kesibukan pekerjaan, tidak punya waktu untuk pergi ke pusat kebugaran atau sekadar rasa malas rupanya merupakan sejumlah alasan bagi banyak orang untuk berolahraga.

Namun, banyak orang juga lupa bahwa dengan sesederhana berjalan kaki bisa menjadi kegiatan olahraga yang mudah dan gratis namun tetap mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Mengutip laman Channel News Asia, Kamis (22/10/2020), olahraga jalan kaki terasa lebih mudah dilakukan jika dibandingkan harus berlari dengan kecepatan tertentu. Walau terasa ringan, jalan kaki juga memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh.

Pertama, berjalan kaki mampu meningkatkan kemampuan pembakaran kalori Anda. Hal ini tentu penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

"Sebagai rujukan, 10.000 langkah setara dengan sekitar 300 hingga 500 kalori, tergantung pada kecepatan berjalan, ukuran tubuh, dan medan jalan," kata asisten profesor Benedict Tan, kepala departemen Kedokteran Olahraga & Latihan Rumah Sakit Umum Changi. 

Untuk pembakaran kalori yang lebih besar, tingkatkan kecepatan berjalan Anda dan pilih medan berbukit, sarannya.

Memang, jalan kaki membakar lebih sedikit kalori daripada jogging dan lari karena "pengeluaran kalori bergantung pada kecepatan", kata Dr Tan. 

"Berlari membakar lebih banyak kalori daripada joging, yang pada gilirannya, membakar lebih banyak kalori daripada berjalan, untuk durasi yang sama." 

Kabar baiknya adalah, Anda bisa menebus pengeluaran kalori yang lebih rendah dengan berjalan kaki untuk jarak yang lebih jauh, katanya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilangkan Stress Hingga Kurangi Risiko Kanker

Selain penurunan berat badan, ada manfaat lain yang didapatkan dengan berjalan kaki, yang digambarkan sebagai "hal yang paling mendekati obat ajaib" oleh Dr Thomas Frieden, mantan direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS.

Dan dia tidak melebih-lebihkan karena aktivitas tersebut telah terbukti melawan gen peningkat berat badan, mengurangi keinginan makan cokelat, mengurangi risiko terkena kanker payudara dan meningkatkan fungsi kekebalan menurut penelitian masing-masing.

Bahkan ingatan dan suasana hati Anda meningkat karena penelitian telah menemukan bahwa mereka yang berjalan memiliki daya ingat dan fokus yang lebih baik serta menghasilkan lebih banyak hormon pereda stres seperti endorfin. 

Hidup lebih lama juga bukan efek samping yang buruk. 

Berjalan kaki tiga jam seminggu telah dikaitkan dengan 11 persen penurunan risiko kematian dini jika dibandingkan dengan mereka yang melakukan sedikit bahkan tidak ada aktivitas, menurut sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 di International Journal of Behavioral Nutrition And Physical Activity.

3 dari 3 halaman

Bantu Fungsi Otot Lutut

Banyak orang paruh baya menderita nyeri lutut karena kerusakan alami sendi (yang juga dikenal sebagai osteoartritis), tetapi bukan berarti berjalan kaki tidak mungkin dilakukan.

Faktanya, bagi mereka yang mengalami nyeri lutut, berjalan kaki disarankan untuk mempertahankan fungsi lutut, kata Dr Alan Cheung, ahli bedah ortopedi di Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena. 

“Jalan kaki dapat mengurangi kekakuan dan meningkatkan kekencangan otot. Juga dapat memperbaiki gejala lutut dan kualitas hidup. Ini merupakan aktivitas yang berdampak rendah, mudah dan bebas yang dapat dilakukan kebanyakan orang,” katanya.

Namun, bagi penderita masalah lutut, ada baiknya untuk menemui dokter Anda dan melakukan pemeriksaan kesehatan umum dan kesesuaian Anda untuk berolahraga, kata Dr. Cheung. 

Sebagai permulaan, berjalanlah selama 30 menit dan tingkatkan jarak secara bertahap seiring waktu jika Anda tidak terbiasa berolahraga. 

“Hindari naik turun lereng yang curam atau banyak anak tangga karena ini bisa membuat nyeri lutut Anda semakin parah,” kata Dr Cheung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.