Sukses

Rambut Rontok hingga Tidur Tak Nyenyak, Ini 5 Pertanda Usus Anda Butuh Perhatian

Usus adalah organ pencernaan penting. Ada sejumlah pertanda yang menunjukkan bahwa usus Anda butuh perhatian.

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan usus atau saluran pencernaan Anda semuanya berkaitan dengan bagaimana makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ini memainkan peran utama dalam membantu kekuatan tubuh Anda melalui rintangan apa pun yang mungkin ditemuinya.

Ada sejumlah tanda-tanda bahwa usus yang tidak sehat ini dapat menyebabkan sejumlah permasalahan.

Terkadang, permasalahan ini dianggap tidak ada hubungannya dengan usus. Namun, sebuah penelitian menyebutkan itu disebabkan oleh permasalahan yang terjadi di usus.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Kamis (22/10/2020) berikut 5 permasalahan yang menunjukkan usus Anda butuh perhatian:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Rambut rontok lebih terlihat dari sebelumnya

Meskipun wajar jika rambut kita rontok setiap hari, terlalu banyak rambut rontok dan faktor bintik-bintik kebotakan bisa sangat mengkhawatirkan.

Rambut rontok anti stres; Tetapi para ahli medis telah menemukan bahwa selain stres, usus kita mungkin juga bertanggung jawab untuk membuat rambut kita tipis dan rontok.

Ini karena usus kita memproduksi vitamin B7 atau biotin, yang mencegah rambut rontok dan penyakit kulit.

 

3 dari 6 halaman

2. Berat badan Anda berfluktuasi

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang berjuang melawan berat badan dan telah mencoba diet dan rejimen kebugaran tanpa hasil, Anda mungkin perlu memeriksa kembali tubuh Anda.

Salah satu penyebab kenaikan berat badan dan penurunan berat badan yang tidak terlalu membicarakan orang adalah karena kesehatan usus Anda.

Usus yang tidak berfungsi dengan baik adalah usus yang tidak dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh, yang dapat mengakibatkan defisiensi nutrisi dan ketidakmampuan untuk membimbing gula darah dan lemak.

Kesehatan usus yang buruk tidak hanya dapat membuat badan Anda bertambah, tetapi juga dapat menyebabkan kebalikannya.

 

4 dari 6 halaman

3. Anda tiba-tiba menjadi tidak toleran terhadap makanan tertentu

Sistem pencernaan bertanggung jawab untuk memecah makanan dan mengeluarkan racun dari makanan yang kita makan.

Saat usus kita sakit, tubuh tidak dapat menghilangkan racun makanan dengan benar, menyebabkan kita bereaksi terhadap makanan tertentu dan mendapatkan intoleransi makanan. Gejala intoleransi makanan antara lain berupa mual, sakit perut, gas perut, kram, dan diare.

 

5 dari 6 halaman

4. Anda selalu mengidam makanan

Jika Anda tidak mengalami reaksi makanan yang merugikan, Anda mungkin mengalami hal sebaliknya, selalu menginginkan makanan tertentu.

Mirip dengan intoleransi makanan, usus kita tidak dapat memproses makanan yang kita makan dan dapat mengakibatkan ketidakseimbangan.

Ketidakseimbangan ini dapat meningkatkan keinginan mengidam makanan yang tidak sehat seperti gula dan lemak, yang dapat merusak kesehatan usus Anda.

 

6 dari 6 halaman

5. Anda tidak bisa tidur nyenyak

Agar kita bisa tidur nyenyak, kita membutuhkan hormon yang disebut serotonin. Serotonin, juga dikenal sebagai "hormon bahagia", adalah zat kimia yang membantu tubuh kita dalam suasana hati dan pola tidur kita.

Tanpa penggunaan yang berfungsi dengan baik, kita mungkin sulit tidur, yang dapat menyebabkan insomnia dan akhirnya sistem bertahan tubuh melemah, sehingga lebih mudah bagi kita untuk sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini