Sukses

Pandemi COVID-19, Korea Indonesia Film Festival 2020 Digelar Perdana Secara Virtual

Korea Indonesia Film Festival atau KIFF 2020 tetap diselenggarakan saat pandemi COVID-19, gelaran tahunan ini pertama kalinya dilakukan secara virtual selain offline di bioskop.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 tak menghalangi gelaran tahunan Korea Indonesia Film Festival (KIFF). Tahun ini acara tersebut diselenggarakan dari tanggal 28-31 Oktober dan pertama kalinya secara virtual.

Konferensi pers KIFF 2020 dilakukan melalui webinar pada Rabu (21/10/2020). Dihadiri oleh Direktur Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) yakni Kim Yong-woon, Kepala Sales dan Marketing CGV Manael Sudarman dan panitia KIFF 2020 Rivki Morais.

KIFF 2020 atau gelaran ke-10, tidak berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini tanpa menghadirkan aktor Korea atau pun Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk mengikuti protokol COVID-19 yakni untuk mencegah adanya kerumunan.

Sejumlah terobosan baru dilakukan pada KIFF tahun ini, yakni tidak hanya memutar film melalui bioskop, tetapi juga secara virtual melalui layanan streaming. Menggandeng GoPlay, platform video-on-demand dan live streaming interaktif dari Gojek Group.

Sebagai bagian dari Gojek super app terdepan Asia Tenggara, GoPlay akan menayangkan film-film KIFF 2020 secara eksklusif dalam aplikasi streaming online.

Dalam kolaborasi ini, GoPlay akan bertindak sebagai partner streaming eksklusif KIFF.

"GoPlay menyadari bahwa film telah menjadi ujung tombak dalam memperkenalkan kebudayaan sebuah negara dan menggerakan industri hiburan, seperti halnya film Korea Selatan yang telah berhasil mencuri hati banyak penonton Indonesia. Sebagai bagian dari dukungan kami terhadap inisiatif pertukaran budaya yang dapat menginspirasi dan memberdayakan sineas lokal untuk terus berkarya menghasilkan konten berkualitas premium bagi para penggemar, GoPlay menyambut antusias kolaborasi sebagai partner streaming eksklusif bagi KIFF 2020," ujar Sasha Sunu, VP Marketing GoPlay.

"Bersama dengan KIFF, GoPlay menghadirkan pengalaman film festival virtual yang dapat dinikmati kapan dan di mana saja, serta opsi aman untuk menikmati film-film berkualitas melalui jaringan daring dan dapat diakses secara gratis. Hal ini sejalan dengan kampanye Jaga Kesehatan, Kebersihan dan Keamanan (J3K) yang Gojek luncurkan untuk memastikan seluruh ekosistemkami mengupayakan tiga komponen di atas," imbuh Sasha Sunu.

Aplikasi GoPlay tersedia untuk diunduh di Android dan iOS. Selain itu para penonton dapat menikmatipengalaman nobar di rumah dengan fitur TV Cast bersama keluarga dan teman.

Penonton KIFF 2020 tidak akan dipungut biaya, baik menonton di bioskop maupun di GoPlay.

Tujuan dari inovasi tersebut adalah memudahkan masyarakat untuk tetap berpartisipasi dalam KIFF walaupun sedang berada di masa pandemi.

"Semoga masyarakat dapat menikmati kebudayaan Korea dan Indonesia melalui film-film terbaik yang disajikan dalam KIFF 2020," ujar Direktur Korean Cultural Center Indonesia, Kim Yong Woon menyampaikan harapannya.

Pelaksanaan KIFF ke-10 yang dapat diakses secara daring dan luring ini diharapkan pula dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas serta menjadi hiburan di tengah pandemi COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KIFF 2020 Via Streaming dan Offline di Bioskop

Sejak awal penyelenggaraan KIFF pada tahun 2013, festival film ini telah menampilkan sejumlah film terbaik oleh pembuat film berbakat dari Korea dan Indonesia.

KIFF 2020 akan menampilkan total 17 film terdiri dari 14 film Korea, dan 3 film Indonesia. Penayangan film-film ini juga menjadi ajang pertukaran budaya dan diharapkan bisa memberikan manfaat positif untuk pelaku perfilman kedua negara dan juga memperkuat hubungan antara Korea dan Indonesia.

Film-film yang ditayangkan offline dapat disaksikan di bioskop CGV yang berada di Kota Bandung, yaitu CGV Paris Van Java dan CGV Kings Shopping Center. Film The Swordsman yang dibintangi oleh aktor Joe Taslim menjadi pembuka KIFF 2020 pada 28 Oktober.

Selain itu, film box office terbaru dari Korea, Peninsula yang merupakan sekuel film Train to Busan juga akan ditayangkan di KIFF 2020. 

Berikut ini adalah beberapa judul film dalam KIFF 2020 yang dapat disaksikan melalui bioskop CGV:

  • The Swordsman
  • Ashfall
  • Beast Clawing at Straw 
  • Train to Busan: Peninsula
  • Deliver us From Evil
  • Gundala
  • Habibie & Ainun 3
  • Perempuan Tanah Jahanam

Berikut ini judul film yang bisa diakses online atau via streaming melalui aplikasi GoPlay:

  • The Beauty Inside
  • On Your Wedding Day
  • Architecture 101
  • Jujor 8
  • A Taxi Driver
  • The Odd Family Zombie On Sale
  • The Witch: Part 1 Subversion
  • Parasite
  • Beasts Clawing at Straw
  • Kim Ji Young 1982

Tujuan dari inovasi online ini untuk menarik masyarakat di luar Kota Bandung agar dapat menikmati film-film festival tanpa harus pergi ke bioskop.

"Film-film streaming ini dapat diakses secara gratis hanya dengan mungunduh aplikasi GoPlay," ujar Rivki Morais.

"Goals dari festival ini adalah melakukan pertukaran budaya antara Indonesia dan juga Korea. Melalui KIFF 2020, kami mengharapkan wawasan mengenai film dari kedua negara dapat meningkat," imbuh Manael Sudarman.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.