Sukses

Jokowi dan PM Suga Sepakati Kemudahan Perjalanan Kegiatan Bisnis Indonesia-Jepang

Travel Corridor Arrangement bertujuan untuk memudahkan perjalanan untuk kegiatan bisnis, ketenagakerjaan, ekonomi, serta diplomatik dan dinas.

Liputan6.com, Bogor - Presiden RI Joko Widodo membahas komitmen Travel Corridor Arrangement bersama Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dalam pertemuannya di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (20/10/2020) sore.

Travel Corridor Arrangement bertujuan untuk memudahkan perjalanan untuk kegiatan bisnis, ketenagakerjaan, ekonomi, serta diplomatik dan dinas.

"Saya dan Perdana Menteri Suga sepakat tentang pentingnya pembentukan Travel Corridor Arrangement bagi bisnis esensial," ujar Jokowi dalam sambutannya.

"Kami juga sepakat untuk meminta Menlu Jepang dan Indonesia untuk menegosiasikan agar hal ini selesai dalam waktu satu bulan," tambah Jokowi.

Selain itu, isu ekomoni yang juga turut dibahas adalah soal investasi kedua negara. Bagi Jokowi, Jepang adalah negara stategis dalam hal ekonomi.

"Saya menyambut baik relokasi dan perluasan investasi perusahaan Jepang ke Indonesia seperti Denso, Sagami, Panasonic, Mitsubisi dan Toyota," jelas Jokowi.

Jokowi juga meminta perhatian terhadap Jepang soal kendala izin impor dalam bidang pertanian, kehutanan dan perikanan.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Sambut PM Jepang Yoshihide Suga di Istana Bogor

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi ibu negara menyambut Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan istrinya di Istana Kepresidenan Bogor.

Dalam siaran langsung lewat video milik akun Sekretariat Presiden, tampak kawasan Istana Kepresidenan Bogor diguyur hujan.

Meski demikian, Presiden Jokowi tetap menyambut pada PM Jepang yang baru saja terpilih beberapa waktu lalu itu menggantikan Shinzo Abe. Sebelum memasuki Istana Kepresidenan, lagu kebangsaan Jepang Kimigayo dinyanyikan, setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Seperti upacara penyambutan tamu kenegaraan lainnya, Jokowi juga memperkenalkan sejumlah menterinya. Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengajak PM Suga ke teras belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Terlihat keduanya berbincang santai.

Dari pantauan video, terlihat protokol kesehatan di tengah pandemi Corona COVID-19 tetap dijalankan. Kedua kepala negara dan ibu negara mengenakan masker.

Jokowi dan PM Yoshihide Suga juga mengatur jarak. Terlihat saat berfoto dan berbincang. Seluruh staf di Istana Kepresidenan juga mengenakan masker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.