Sukses

Jepang Beri Bantuan Pinjaman Fiskal 50 Miliar Yen untuk Indonesia Atasi COVID-19

PM Jepang Yoshihide Suga mengatakan bahwa salah satu misi kunjungannya ke Indonesia adalah memberikan bantuan terhadap Indonesia dalam mengatasi pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan istrinya tiba di Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu (20/10/2020) sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka dan rombongan disambut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi ibu negara.

Dalam siaran langsung lewat video milik akun Sekretariat Presiden, tampak kawasan Istana Kepresidenan Bogor diguyur hujan.

Pada kunjungan tersebut, PM Jepang pengganti Shinzo Abe itu mengatakan bahwa salah satu misi kunjungannya ke Indonesia adalah memberikan bantuan terhadap Indonesia untuk mengatasi pandemi COVID-19.

"Jepang bersama Indonesia yang merupakan negara maritim di kawasan Indo-Pasifik, sekaligus mitra strategis bagi Jepang akan mendorong kerja sama lebih lanjut termasuk untuk mengatasi wabah COVID-19," ujar PM Suga di Istana Kepresiden Bogor.

"Pertama dengan mempertimbangkan dampak penyebaran COVID-19 terhadap perekonomian Indonesia, pada kesempatan ini Jepang telah menetapkan pemberian pinjaman sebagai bantuan fiskal sebesar 50 miliar yen untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana Indonesia," jelas PM Suga.

Selain itu, Jepang juga menyatakan akan mendorong kerja sama terhadap lembaga pengakajian kesehatan di indonesia. Melalui pembelian barang dan peralatan medis.

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Mematuhi Protokol COVID-19

Dari pantauan video, terlihat protokol kesehatan di tengah pandemi Corona COVID-19 tetap dijalankan. Kedua kepala negara dan ibu negara mengenakan masker.

Jokowi dan PM Yoshihide Suga juga tetep menerapkan protokol menjaga jarak. Terlihat saat berfoto dan berbincang. Seluruh staf di Istana Kepresidenan juga mengenakan masker.

Sebelum memasuki Istana Kepresidenan, lagu kebangsaan Jepang Kimigayo dinyanyikan, setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Seperti upacara penyambutan tamu kenegaraan lainnya, Jokowi juga memperkenalkan sejumlah menterinya. Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengajak PM Suga ke teras belakang Istana Kepresidenan Bogor. Terlihat keduanya berbincang santai.

 

 

3 dari 3 halaman

Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.