Sukses

Tidak Berbahaya, 4 Virus Ini Ternyata Mampu Sembuhkan Penyakit Manusia

Rupanya, virus juga digunakan oleh peneliti untuk menyembuhkan. Bagaimana bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, kita menganggap bahwa virus adalah hal menyeramkan dan membahayakan bagi tubuh manusia. Pada umumnya, hal ini benar.

Namun, dalam dunia medis, perkembangan ilmu pengetahuan semakin maju. Begitu pula dengan teknologinya. Peneliti selalu mencari tahu dan berinovasi guna menemukan sejumlah obat bagi penyakit yang sulit disembuhkan.

Rupanya, virus juga digunakan oleh peneliti untuk menyembuhkan. Bagaimana bisa?

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Senin (19/10/2020), berikut 4 virus yang disebut dapat sembuhkan penyakit manusia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bakteriofag

Bakteriofag adalah virus yang menginfeksi bakteri. Mereka ditemukan hampir di mana-mana. Mulai dari di tanah, air, hingga tubuh manusia (kebanyakan di usus dan lendi).

Awalnya, bakteriofag ditemukan pada tahun 1915 oleh Frederick Twort. Bakteriofag ini lalu dikembangkan dan dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Seperti cystic fibrosis hingga kanker.

 

3 dari 5 halaman

2. Virus Stomatitis Vesikular

Vesticular stomatitis virus (VSV) adalah penyakit menular yang paling dikenal karena memyerang kuda.

Biasanya, kuda akan menderita flu akibat virus ini. Namun, peneliti menilai jika virus ini dapat digunakan untuk membasmi virus oncolytic (OV) alias kanker.

Alasan mengapa VSV bisa menjadi obat kanker karena tidak pantogen pada manusia. Banyak yang kaget saat mengetahui virus yang menyebabkan bisul pada mulut kuda ini bisa jadi terobosan pengobatan kanker.

 

4 dari 5 halaman

3. Adenovirus

Adenovirus adalah sekelompok virus yang cukup umum bagi para medis. Mereka sangat menular, biasanya menyebabkan gejala seperti bronkitis, radang paru-paru, infeksi perut, pilek,dan bahkan meningitis.

Namun para peneliti juga telah belajar bahwa satu jenis virus tertentu, tipe 52 (HAdV-52) di Adenovirus dapat menyembuhkan kanker.

Dalam penelitian yang terus dilakukan peneliti percaya jika hal ini dapat mempersenjatai mereka dalam melawan kanker.

 

5 dari 5 halaman

4. Gamma-herpesviruses

Gamma-herpesviruses secara teknis adalah subfamili dari herpes yang mencakup sejumlah virus yang berbeda.

Sebenarnya ada banyak jenis virus herpes, dengan contoh yang paling terkenal, seperti herpes simpleks tipe 2 yang menyebabkan luka pada kelamin.

Ternyata, infeksi laten dengan satu jenis gammaherpesvirus (Tipe MHV-68) telah terbukti meningkatkan resistensi terhadap infeksi Listeria monocytogenes -- bakteri yang paling dikenal untuk keracunan makanan.

Siapa sangka bahwa virus herpes akan membantu memerangi keracunan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini