Sukses

Israel dan Bahrain Sah Jalin Hubungan Diplomatik

Israel dan Bahrain sepakat untuk membangun hubungan diplomatik.

Liputan6.com, Yerusalem - Israel dan Bahrain telah sepakat untuk menjalin hubungan diplomatik formal, menjadikan negara Teluk kecil itu negara Arab keempat yang menormalisasi hubungan dengan Israel.

Mengutip AP News, Senin (19/10/2020), perjanjian yang ditengahi AS tersebut menutup kunjungan satu hari oleh delegasi tingkat tinggi pejabat Amerika dan Israel ke Bahrain.

Bahrain bergabung dengan Uni Emirat Arab pada upacara Gedung Putih yang meriah bulan lalu menandai "Abraham Accords," sepasang pakta diplomatik yang ditengahi AS dengan Israel. Sementara kesepakatan UEA dengan Israel secara resmi menjalin hubungan, perjanjian dengan Bahrain kurang rinci dan termasuk janji bersama untuk mengikutinya.

Kunjungan tersebut membuka jalan bagi negara-negara untuk membuka kedutaan besar dan bertukar duta besar dalam beberapa bulan mendatang.

“Ini benar-benar kunjungan yang bersejarah, untuk memulai membuka hubungan antara kedua negara, untuk memiliki hubungan bilateral yang bermanfaat di kedua bidang,” kata Menlu Bahrain, Abdullatif al-Zayani, pada upacara penandatanganan.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan penasihat keamanan nasional Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Meir Ben-Shabbat, memimpin delegasi tersebut.

“Hari ini kami membuat langkah formal pertama untuk mendekatkan hubungan antar negara,” kata Ben-Shabbat. “Kami diterima dengan tangan terbuka, dengan kehangatan dan keramahan.”

“Ini merupakan langkah penting dalam stabilitas kawasan, dalam membawa kemakmuran bagi semua orang di kawasan dan di negara-negara,” tambah Mnuchin.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pro-Kontra Normalisasi Hubungan

Perjanjian Israel dengan UEA dan Bahrain telah menandai kemenangan diplomatik untuk pemerintahan Trump dan Netanyahu.

Tetapi mereka mendapat kecaman keras dari orang-orang Palestina, yang telah lama mengandalkan pendirian Arab bahwa pengakuan Israel harus datang hanya setelah Palestina mencapai negara merdeka mereka sendiri. Perjanjian tersebut mencerminkan pergeseran Timur Tengah, di mana kekhawatiran bersama tentang Iran dan peluang bisnis telah membayangi masalah Palestina.

Palestina telah memutuskan hubungan dengan Gedung Putih lantaran menuduhnya tidak adil terhadap Israel. Para pejabat AS pada gilirannya telah membina hubungan antara Israel dan negara-negara Arab, dengan harapan dapat meningkatkan tekanan pada Palestina untuk mengurangi tuntutan masa lalu dalam pembicaraan damai.

Kelompok masyarakat sipil Bahrain dan tokoh-tokoh oposisi, yang telah menjadi sasaran tindakan keras selama bertahun-tahun terhadap perbedaan pendapat juga menentang normalisasi dengan Israel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.