Sukses

SpaceX Akan Luncurkan Satelit Pelacak Kenaikan Permukaan Laut

Satelit Sentinel-6 Michael Freilich milik SpaceX akan lepas landas pada 10 November 2020 dengan roket Falcon 9 yang akan diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California.

Liputan6.com, California - Muatan baru yang akan dikirim SpaceX Elon Musk ke orbit bulan depan akan memainkan peran penting dalam mengukur kenaikan permukaan laut, yang berpotensi membantu menyelamatkan ekonomi dari kerugian miliaran euro pada akhir abad ini.

Dikutip dari laman The Japan Times, Jumat (16/10/2020) satelit Sentinel-6 Michael Freilich milik SpaceX akan lepas landas pada 10 November 2020 dengan roket Falcon 9 yang akan diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California.

Misinya adalah melacak bagaimana percepatan kenaikan permukaan laut mengubah garis pantai, mengancam habitat lebih dari sepertiga populasi dunia. Badan Antariksa Eropa akan memberikan rincian tentang misi tersebut di Paris, Prancis pukul 16.00 waktu setempat.

"Pengukuran permukaan laut global dan regional telah menjadi alat yang berharga bagi pengambil keputusan untuk menilai salah satu dampak perubahan iklim yang paling menarik dan bagaimana mempersiapkan diri menghadapi banjir di wilayah pesisir," kata Paul Counet, kepala strategi di EUMETSAT.

Konsorsium meteorologinya yang beranggotakan 30 negara bertanggung jawab atas pengoperasian Sentinel-6 dan memproses 300 gigabyte data yang akan diproduksi setiap hari oleh satelit.

Sentinel-6 akan memperbarui peta lautan yang mencakup 70 persen planet setiap 10 hari. Satelit ini dikemas dengan altimeter digital baru yang kuat dengan instrumen yang memantulkan gelombang elektromagnetik dari permukaan globe untuk mendeteksi perubahan ketinggian dalam skala milimeter.

Peneliti di Badan Antariksa Eropa, bersama dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional mengembangkan misi tersebut. Sementara, NASA mengontrak Musk's SpaceX untuk meluncurkan muatan ke orbit 1.336 kilometer (830 mil) di atas Bumi.

"Altimetri memungkinkan kita untuk menjelajahi rata-rata permukaan laut saat ini dan bagaimana perubahan ini dalam ruang dan waktu, sesuatu yang tidak sepele sama sekali," kata Michalis Vousdoukas, ahli kelautan yang menggunakan data tersebut untuk memperkirakan dampak biaya ekonomi akibat perubahan iklim.

"Semua informasi ini dimasukkan ke dalam model kami dan memungkinkan kami untuk menganalisis ketinggian air di masa mendatang, area banjir, serta kerugian ekonomi yang diakibatkan dan potensi tindakan adaptasi."

Jika ekonomi tidak secara dramatis mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, garis pantai Eropa dapat menghadapi kerusakan sebesar € 239 miliar ($ 280,6 miliar) setiap tahun akibat kenaikan permukaan laut pada akhir abad ini, menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Mei oleh Vousdoukas dan timnya.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerugian Akibat Kenaikan Air Laut yang Tak Terprediksi

Mereka memperkirakan kerusakan tahunan bisa membengkak delapan kali lipat menjadi € 12 miliar. Bahkan di bawah skenario kasus terbaik di mana kenaikan suhu jauh di bawah ambang batas 2 derajat Celcius (3,6 derajat Fahrenheit) yang diamanatkan oleh perjanjian Paris.

Data dari Sentinel-6 diharapkan dapat mendukung pembuat kebijakan di seluruh dunia saat mereka memutuskan di mana akan membangun sistem pertahanan pantai dan apakah properti pantai harus dikembangkan untuk penggunaan jangka panjang.

"Satelit akan melacak interaksi kompleks faktor-faktor yang menyebabkan permukaan laut lebih tinggi," kata Carlo Buontempo, direktur Layanan Perubahan Iklim Copernicus Eropa.

"Ini akan membantu kami untuk mengukur ekspansi termal lautan, mencairnya gletser dan lapisan es, serta rebound isostatis di pantai," kata Buontempo dalam sebuah wawancara.

"Dengan melihat bentuk permukaan laut, Anda juga dapat memperoleh informasi tentang sirkulasi lautan."

National Oceanic and Atmospheric Administration, yang juga menyediakan instrumen untuk Sentinel-6, memperkirakan kenaikan permukaan laut akan semakin mengancam garis pantai AS.

Pada tahun 2030, Battery, di ujung selatan Manhattan, akan membanjiri 20 hingga 40 kali setahun. Pada 2100, itu bisa meningkat hingga 50 hingga 135 kali, menurut laporan NOAA yang diterbitkan pada bulan Juli 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.