Sukses

Raja Thailand Pemimpin Monarki Terkaya Sejagad Raya, Ini 9 Bangsawan Lainnya

Berikut ini daftar 10 bangsawan termasuk raja terkaya di dunia, dikutip dari GQ India.com, Kamis (15/10/2020):

Liputan6.com, Jakarta - Royalti hampir identik dengan kekayaan. Beberapa tempat di mana monarki masih ada, di sana lah tinggal bangsawan terkaya sejagad raya.

Jika nama pertama yang muncul di benak Anda adalah nama Ratu Elizabeth II, jawabannya tak tepat.

Meskipun dia mungkin pemimpin monarki yang paling lama memerintah di dunia, dia jelas bukan yang terkaya. Menurut laporan, kekayaan bersih Ratu Inggris adalah $ 530 juta - dibandingkan dengan jumlah miliaran yang dimiliki oleh raja lain, yang masih memegang kekuasaan pemerintahan di negara masing-masing.

Faktanya, meskipun India adalah negara demokrasi, masih ada beberapa darah biru yang hidup di antara warga. Tapi kemudian, tidak satupun dari mereka benar-benar miliarder.

Sementara itu, berikut adalah daftar 10 bangsawan terkaya di dunia, dikutip dari GQ India.com, Kamis (15/10/2020):

 

Saksikan Juga Video:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Raja Maha Vajiralongkorn

Negara: Thailand

Perkiraan kekayaan bersih: $ 43 miliar

Raja Thailand berusia 68 tahun ini mengambil alih takhta setelah ayahnya meninggal pada 2016.

Kekayaannya diurus oleh Biro Properti Mahkota. Keluarganya memiliki lebih dari 16.210 hektar tanah di Thailand, dengan 40.000 kontrak sewa di seluruh negeri, termasuk 17.000 di ibu kota.

Raja juga memiliki banyak saham di Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank. Dan jika semua itu belum cukup, raja Thailand juga memegang kepemilikan Golden Jubilee Diamond, yang merupakan berlian potong terbesar di dunia.

3 dari 11 halaman

2. Sultan Hassanal Bolkiah

Negara: Brunei

Perkiraan kekayaan bersih: $ 28 miliar

Setelah Ratu Elizabeth II, Sultan Hassanal Bolkiah adalah raja dengan masa pemerintahan terlama kedua di dunia. Dia juga Perdana Menteri Brunei, yang menjadikannya raja absolut bangsa.

Kekayaannya dikabarkan berasal dari terlibat dalam bisnis ekspor minyak dan gas alam.

Sultan sudah termasuk orang terkaya di dunia. Ia juga tinggal di istana tempat tinggal terbesar di dunia, yaitu Istana Nurul Iman yang memiliki lebih dari 1.778 kamar.

Bersamaan dengan itu, Sultan juga dikabarkan memiliki lebih dari 600 Rolls Royce.

4 dari 11 halaman

3. King Salman Abdulaziz bin Saud

Negara: Arab Saudi

Perkiraan kekayaan bersih: $ 18 miliar

Raja Salman Abdulaziz bin Saud mungkin berada di urutan ketiga dalam daftar ini. Tetapi jika kekayaan keluarganya dipertimbangkan, Keluarga Saud Arab Saudi adalah keluarga terkaya di dunia dengan kekayaan lebih dari $ 1 triliun.

Selain kekayaan yang dia dan keluarganya peroleh dari minyak dan investasi, keluarga ini sangat tertutup tentang kekayaan dan harta benda mereka. Tapi kita semua tahu mereka memiliki beberapa rumah, mobil, kapal pesiar, helikopter, jet pribadi, lukisan, dan banyak lagi yang paling mahal.

5 dari 11 halaman

4. Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan

Negara: Abu Dhabi, UEA

Perkiraan kekayaan bersih: $ 18 miliar

Dia adalah Presiden Uni Emirat Arab dan Emir Abu Dhabi. Tetapi kekayaannya berasal dari menjadi ketua Otoritas Investasi Abu Dhabi, yang mengelola kelebihan minyak UEA dan perkiraan nilainya adalah setengah triliun dolar.

Saudara tirinya juga memiliki Manchester City FC dan dilaporkan bahwa Sheikh memiliki banyak properti di London. Namun, dia terkenal karena filantropinya.

6 dari 11 halaman

5. Emir Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum

Negara: Dubai, UEA

Perkiraan kekayaan bersih: $ 14 miliar

Wakil Presiden Uni Emirat Arab dan Emir Sheikh Dubai, Mohammed bin Rashid Al Maktoum identik dengan peluncuran perusahaan besar seperti Emirates Airlines, The Jumeirah Group dan DP World.

Dia juga yang membawahi proyek-proyek besar seperti mengubah Dubai menjadi desa futuristik, termasuk pembangunan Palm Islands dan Burj Khalifa. Ia juga seorang penunggang kuda terlatih dan penyair Arab yang diakui.

7 dari 11 halaman

6. Grand Duke Henri

Negara: Luksemburg

Perkiraan kekayaan bersih: $ 4 miliar

Duke of Luxembourg tinggal di Berg Castle bersama istrinya, lima anak dan empat cucunya.

Keluarganya juga memiliki rumah liburan di Cabasson, yang terletak di Prancis Selatan. Selain itu, keluarga tersebut dilaporkan menerima lebih dari $ 300.000 setiap tahun sejak 1948, untuk menjalankan fungsi kerajaan mereka.

8 dari 11 halaman

7. Pangeran Hans Adam II

Negara: Liechtenstein

Perkiraan kekayaan bersih: $ 3,5 miliar

Pangeran Liechtenstein adalah pemilik Liechtenstein Global Trust, yang merupakan perusahaan kekayaan pribadi milik keluarga terbesar di Eropa. Ini juga menjadikannya raja terkaya di Eropa.

Dia juga ahli seni, yang koleksi mewahnya dipajang di Museum Liechtenstein. Dia juga berhutang kekayaannya pada investasi yang dilakukan di perkebunan anggur dan perusahaan pertanian.

9 dari 11 halaman

8. Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani

Negara: Qatar

Perkiraan kekayaan bersih: $ 2,1 miliar

Kekayaan Sheikh dari Qatar berasal dari mendirikan dan mengelola Otoritas Investasi Qatar, yang menjaga cadangan minyak dan gas berlebih negara itu.

Dia terkenal juga memberikan $ 137 juta untuk mendukung jaringan berita global pertama Arab, Al Jazeera. Pada 2018, raja (saat ini) berusia 39 tahun adalah penguasa termuda di dunia.

10 dari 11 halaman

9. Raja Mohammed VI

Negara: Maroko

Perkiraan kekayaan bersih: $ 2,1 miliar

Sebagai Raja Maroko, Mohammed VI menerima gaji tahunan $ 488.604.

Tapi selain Raja, dia juga pebisnis dan bankir yang lihai. Keluarganya memiliki saham mayoritas di Société Nationale d'Investissement (SNI), yang memiliki bisnis yang beroperasi di berbagai industri seperti perbankan, pertambangan, real-estate, pariwisata, asuransi, telekomunikasi, dan lainnya.

Dia juga memiliki banyak tanah di negara itu. Dan laporan Forbes menyatakan bahwa anggaran operasional harian istananya dilaporkan sebesar $ 960.000, yang dibayarkan oleh negara bagian Maroko.

11 dari 11 halaman

10. Pangeran Albert II

Negara: Monaco

Perkiraan kekayaan bersih: $ 1 miliar

Putra Grace Kelly yang legendaris, Pangeran Albert II memiliki kekayaan yang diperoleh dari kepemilikan di Société des bains de mer de Monaco, perusahaan yang mengelola kekayaan Kasino Monte Carlo dan Opéra de Monte-Carlo.

Selain itu, ia juga memiliki rumah ibunya di Philadephia. Faktanya, pernikahannya dengan perenang Olimpiade Afrika Selatan Charlene Wittstock yang berlangsung pada 2011 merupakan salah satu pernikahan termahal di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.