Sukses

Dua Sandera AS Dibebaskan oleh Houthi, Bagian dari Pertukaran Tahanan dengan Yaman

Dua orang sandera AS yang ditahan oleh kelompok pemberontah Houthi telah dibebaskan.

Liputan6.com, Jakarta - Dua sandera AS yang ditahan oleh pemberontak Houthi di Yaman telah dibebaskan, tampaknya sebagai bagian dari pertukaran tahanan yang besar.

Sandra Loli, seorang pekerja kemanusiaan yang ditahan selama sekitar tiga tahun, dan pengusaha Mikael Gidada, yang ditahan selama sekitar satu tahun, dibebaskan pada Rabu 14 Oktober 2020, kata para pejabat AS. Demikian seperti mengutip laman BBC, Kamis (15/10/2020).

Sementara itu jasad tawanan AS ketiga, Bilal Fateen, juga dipulangkan.

Pembebasan ini terjadi setelah Houthi melaporkan menerima lebih dari 200 orang Yaman dari Oman, di mana banyak yang terdampar setelah menerima perawatan medis.

Proses pertukaran yang sangat ditunggu-tunggu antara pemerintah Yaman yang diakui secara internasional, didukung oleh Saudi, dan pemberontak Houthi diperkirakan akan terjadi pada hari Kamis.

Dalam sebuah pernyataan, departemen luar negeri AS menyambut baik pembebasan Loli dan Gidada, dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Fateen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konflik Yaman dan AS

Penasihat keamanan nasional AS Robert O'Brien berterima kasih kepada Sultan Haitham bin Tariq dari Oman dan Raja Salman dari Arab Saudi atas bantuan mereka, dan memuji Presiden Donald Trump atas dukungannya.

Seorang juru bicara Houthi, Mohammed Abdulsalam, sebelumnya men-tweet bahwa sekitar sekitar 240 orang Yaman yang kembali ke ibu kota Yaman, Sanaa, termasuk orang-orang yang telah terdampar atau terluka dan telah melakukan perjalanan ke ibu kota Oman, Muscat untuk menerima perawatan medis.

Abdulsalam menambahkan bahwa mereka termasuk korban yang telah melakukan perjalanan ke negara Teluk tersebut selama pembicaraan damai yang ditengahi PBB antara pihak-pihak yang bertikai di Stockholm pada 2018.

"PBB tidak membawa [mereka] kembali" sejalan dengan kesepakatan yang dicapai, katanya.

Abdulsalam juga berterima kasih kepada Oman atas "upaya kemanusiaannya", tetapi tidak menyebutkan pembebasan sandera AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.