Sukses

4 Cara Terbaik Selamatkan Diri dari Serangan Anjing Liar

Anjing liar bersatu dalam kelompok, hidup di wilayah tertentu, dan melindungi wilayah tersebut. Dan banyak yang cenderung tidak takut pada manusia. Begini cara terbaik menyelamatkan diri jika Anda diserang.

Liputan6.com, Jakarta - Anjing adalah sahabat terbaik manusia.

Seekor anjing yang hidup di lingkungan berbahaya sendirian dapat memiliki lebih banyak kesamaan dengan serigala daripada dengan anjing peliharaan.

Anjing liar bersatu dalam kelompok, hidup di wilayah tertentu, dan melindungi wilayah tersebut. Dan banyak yang cenderung tidak takut pada manusia.

Tim Bright Side telah menemukan apa yang harus dilakukan jika Anda bertemu dengan anjing liar yang agresif.

Jika Anda melihat anjing, jangan mencoba lari atau bahkan cepat-cepat menjauh darinya. Hewan tersebut mungkin merasakan naluri berburu dan mungkin berpikir bahwa Anda adalah mangsa yang baik.

Berikut adalah empat hal terbaik yang bisa Anda dilakukan:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jaga Jarak Aman dan Tunggu Sampai Hewan Tersebut Pergi

Perlahan melangkah mundur, perhatikan reaksi anjing itu. Jika anjing itu mengikuti Anda, berhentilah. Jika hewan tidak bergerak, teruslah berjalan mundur.

Segera setelah anjing membuang muka, lanjutkan dengan kecepatan normal Anda. Anda dapat mengalihkan perhatian anjing dengan menempatkan sesuatu di antara Anda dan hewan tersebut. Ini bisa berupa tas punggung, payung, sepatu, atau jaket.

Mudah-mudahan, hewan itu akan menafsirkan objek tersebut sebagai penghalang antara Anda dan dirinya sendiri dan akan teralihkan.

 

3 dari 5 halaman

2. Reaksi pada Kendaraan

Anjing liar bereaksi terhadap gerakan dan mereka sering agresif terhadap sepeda, sepeda motor, mobil, dan jenis transportasi lainnya. Jika seekor anjing mulai mengejar Anda, berhentilah: hewan itu akan kehilangan minat pada Anda.

Anda dapat melanjutkan perjalanan saat anjing berbalik dan mulai berjalan menjauh. Jangan mencoba menunggang kendaraan Anda lebih cepat - anjing sangat cepat dan mereka akan menyusul Anda.

 

4 dari 5 halaman

3. Lempar Makanan

Jika anjing liar menggonggong atau menggeram pada hewan peliharaan Anda, wajar jika Anda menggendongnya. Tapi anjing liar akan bereaksi terhadap gerakan ini dan mencoba menyerang Anda.

Jika Anda membiarkan hewan peliharaan di tanah, ada risiko hewan tersesat tersebut akan mencoba menyerangnya. Dalam situasi ini, hewan peliharaan Anda mungkin terluka.

Tidak ada solusi yang tepat di sini. Jika Anda tidak dapat meninggalkan anjing di tanah, lebih baik melemparkannya ke atas penghalang, seperti pagar, atau meletakkannya di pohon (jika itu kucing).

Namun, ada opsi lain. Tinggalkan hewan Anda di tempatnya, dan sebaliknya, coba alihkan perhatiannya.

Jika Anda membawa camilan, buanglah ke arah lain. Sangat sering, mereka lapar dan mereka tidak mau mengatakan tidak pada makanan. Idealnya, buang camilan sejauh mungkin dari Anda: anjing akan pergi dan tenang, memberi Anda kesempatan untuk kabur.

 

5 dari 5 halaman

4. Jangan Tatap Matanya: Ini Akan Dianggap Sebagai Tanda Agresi

Salah satu situasi terburuk yang bisa Anda hadapi adalah ketika seekor anjing mendekati Anda dan mulai menggeram.

Diam dan jangan menatap mata anjing itu. Kontak mata untuk anjing adalah sinyal untuk memulai perkelahian. Dan jika Anda membeku, Anda mungkin tampak seperti hal yang membosankan bagi anjing itu, jadi dia mungkin akan menggonggong dan pergi.

Jika anjing mendekati Anda dan mulai mengendus Anda, biarkan saja. Jangan bergerak dan jangan mencoba menyentuh anjing dengan tangan Anda ini dapat dianggap sebagai serangan.

Rekomendasi untuk memukul anjing di tempat tertentu (biasanya di hidung). Selain itu lambaian tangan Anda kemungkinan besar akan membuatnya semakin marah.

Tentu saja, cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari hewan agresif adalah dengan tidak mendekatinya sama sekali. Jika Anda mendengar gonggongan keras atau melihat sekawanan anjing, cobalah untuk menghindari area ini, meskipun Anda harus berjalan lebih jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.