Sukses

4 Jurus Jitu Agar Anda Tak Ngompol di Malam Hari

Mengompol harus segera dihentikan. Sebab, ini dapat menganggu hari-hari Anda terutama saat bangun tidur. Anda harus membersihkan hingga menjemur kasur yang basah akibat urine.

Liputan6.com, Jakarta - Rupanya, kencing di celana saat sedang tidur alias mengompol bukan hanya terjadi pada anak-anak. Tetapi juga bisa dialami orang dewasa.

Ngompol harus segera dihentikan. Sebab, ini dapat menganggu hari-hari Anda terutama saat bangun tidur. Anda harus membersihkan hingga menjemur kasur yang basah akibat urine.

Bukan hanya itu. Apabila Anda menginap di rumah saudara, teman hingga kerabat bisa bisa terkenda imbasnya dan merepotkan orang lain.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk menghentikan ngompol di malam hari.

Seperti dikutip dari laman Alaskasleep.com, Kamis (15/10/2020), berikut 4 cara untuk mengatasi ngompol pada malam hari:

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menentukan Penyebab Mengompol

Menentukan penyebab mengapa Anda mengompol saat tidur meski sudah dewasa tentu sulit dilakukan. Itu semua biasanya dapat diidentifikasi oleh paramedis.

Apabila telah melakukan membawa kasus ini ke rumah sakit, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan neurologis hingga tes urin.

Selain itu, dokter akan mengobati saluran kemih Anda secara berkala apabila letak kesalahan ada di sana.

 

3 dari 5 halaman

2. Perbaiki Gaya Hidup

Menjaga pola hidup penting dilakukan bagi mereka yang suka mengompol pada malam hari. Salah satu yang harus dilakukan adalah batasi asupan cairan.

Kurangi konsumsi kafein dan alkohol. Selain minuman, apa yang Anda makan juga bisa berpengaruh.

Pastikan jumlah makanan basah dan kering yang Anda konsumsi seimbang. Jangan selalu mengonsumsi makanan basah.

 

4 dari 5 halaman

3. Lakukan Buang Air Kecil Secara Berkala

Selain memastikan bahwa pasokan kafein dan alkohol berkurang, Anda juga harus memastikan jadwal buang air kecil.

Pastikan sebelum tidur malam Anda untuk kencing. Jangan ditahan dan pastikan sudah lega dari kemauan untuk buang air kecil.

Untuk menghindari kencing dari kasur, maka pastikan selimut Anda dilapisi dengan plastik agar tidak mengenai tempat tidur.

 

5 dari 5 halaman

4. Minum Obat dari Dokter

Ada salah satu obat bagi mereka yang mengalami permasalahan ini. Dalam banyak kasus, untuk menghentikan ngompol maka kita harus mengendalikan inkontinensia urin nokturnal.

Obat yang bisa digunakan adalah antikolinergik yang berfungsi untuk menenangkan kandung kemih yang iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.