Sukses

PM Baru Jepang Tawarkan Kerja Sama dan Ingin Pererat Hubungan dengan Indonesia

Perdana Menteri Jepang Suga Yoshide melakukan telewicara dengan Presiden Joko Widodo mengenai ajakan kerja sama antara kedua negara.

Liputan6.com, Tokyo - Perdana Menteri Jepang Suga Yoshihide telah melakukan telewicara dengan Presiden Joko Widodo mengenai ajakan kerja sama antara Jepang dan Indonesia.

Dalam telewicara pada Selasa 13 Oktober 2020, PM Suga menyampaikan niatnya untuk membangun hubungan yang istimewa dengan Presiden Joko Widodo dan mempererat kemitraan strategis dengan Indonesia yang memiliki nilai-nilai dasar yang sama dan hubungan historis di berbagai bidang dengan Jepang. 

Dalam menanggapi ajakan tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan beliau sebagai Perdana Menteri Jepang dan menyampaikan keinginan untuk meningkatkan hubungan Indonesia dan Jepang sebagai mitra yang penting.

"Jepang tetap mempromosikan Free and Open Indo-Pacific (FOIP) dan mendukung penuh ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) yang dipromosikan Indonesia," ujar PM Suga seperti tertuang dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Jepang di Indonesia yang diterima Rabu (14/10/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengharapkan Indonesia Membantu Penyelesaian Konflik Penculikan Warga Jepang oleh Korea Utara

Pada kesempatan tersebut, PM Suga menyampaikan keinginannya untuk memperdalam kerja sama di berbagai bidang termasuk pembangunan infrastruktur, pembinaan sumber daya manusia, keamanan maritim antara Jepang dan Indonesia.

PM Suga juga mengharapkan agar Indonesia mendukung penyelesaian masalah Korea Utara termasuk isu penculikan warga negara Jepang.

Sebagai informasi, Pemerintah Jepang menyatakan bahwa 17 warganya telah diculik dan mengklaim ada 883 kasus orang hilang lainnya di mana keterlibatan Korea Utara tidak dapat dikesampingkan. 

Dikutip dari NBC News, pada tahun 1977 hingga 1983, beberapa warga Jepang yang tinggal di kawasan pesisir menghilang, isu menyebutkan bahwa warga Jepang tersebut diculik oleh agen Korea Utara. Hal tersebut diakui oleh Kim Jong-il pada tahun 2002, namun hingga sekarang konflik tersebut belum terselesaikan.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan niatnya untuk bekerja sama dengan Jepang secara erat guna menanggapi berbagai tantangan di kawasan. Kedua pemimpin negara pun memastikan kerja sama menjelang KTT ASEAN.

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.