Sukses

Dalam 2 Hari, 3 Juta Warga Qingdao China Berhasil Dites COVID-19

Kota Qingdao di China berhasil melakukan tes COVID-19 untuk tiga juta lebih warganya dalam dua hari terakhir.

Liputan6.com, Beijing- Dalam dua hari terakhir, lebih dari tiga juta warga di Qingdao China telah mengikuti tes swab Virus Corona COVID-19. Tes massal itu digelar setelah enam kasus baru COVID-19 terdeteksi di wilayah tersebut.

Mengutip AFP, Selasa (13/10/2020), antrean panjang tampak menghiasi lokasi tes hingga Senin 12 Oktober malam di Qingdao. Para orangtua pun juga membawa anak-anak balita mereka untuk mengikuti tes COVID-19 tersebut.

Selain itu, petugas kesehatan setempat dengan peralatan pelindung (APD) mereka mendirikan tenda untuk mengambil sampel di seluruh lingkungan tersebut. 

Warga setempat mengungkapkan di media sosial bahwa perwakilan masyarakat memberi tahu mereka tentang lokasi pengujian terdekat, dengan daerah setempat yang ikut membantu mengatur pengumpulan sampel untuk melancarkan pengujian massal.

"Pada pukul 8 pagi ... kota kami telah mengambil 3,08 juta sampel untuk pengujian nukleik, dengan 1,11 juta hasil telah diterima," ungkap komisi kesehatan Qingdao dalam sebuah pernyataan.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Targetkan Tes COVID-19 untuk Seluruh 9,4 Juta Penduduk

Dari tes massal itu, ditemukan 6 kasus dengan gejala, dan juga sejauh ini telah terdeteksi enam kasus asimtomatik.

Pihak berwenang Qingdao menyatakan bahwa mereka menargetkan untuk tes terhadap seluruh populasinya, yang mencapai sekitar 9,4 juta - dalam lima hari sejak kasus pertama di rumah sakit ditemukan pada 11 Oktober 2020.

Namun, belum adanya informasi yang jelas tentang seberapa cepat hasil tes dapat diproses, meski China telah memamerkan kapasitas pengujian cepatnya saat menghadapi temuan wabah kecil. 

3 dari 3 halaman

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.