Sukses

Kecelakaan Kereta dan Bus di Thailand Tewaskan Sedikitnya 20 Orang

Kecelakaan antara kereta dan bus di dekat kota Bangkok, Thailand menewaskan sedikitnya 20 orang.

Liputan6.com, Bangkok - Sedikitnya 20 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka setelah kereta barang bertabrakan dengan bus wisata dekat Bangkok pada Minggu 11 Oktober 2020. 

Mengutip Channel News Asia, Minggu (11/10/2020), tabrakan itu terjadi sekitar pukul 8 pagi waktu setempat di stasiun Khlong Khwaeng Klan di provinsi Chachoengsao, sekitar 50 km sebelah timur ibu kota Bangkok.

Sekitar 60 penumpang bus sedang dalam perjalanan ke sebuah kuil di provinsi Chachoengsao untuk upacara menandai akhir Prapaskah Buddha, kata seorang kepala polisi distrik.

Bus berada di jalur saat kereta menabrak, kata badan penanggulangan bencana provinsi. Tidak ada barikade, tambahnya. 

Gubernur provinsi Maitree Tritilanond mengatakan kepada wartawan bahwa sejauh ini sekitar 29 orang terluka. Namun, jumlah korban tewas dan korban luka diperkirakan akan meningkat.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Masih Diselidiki

Gambar awal oleh petugas penyelamat menunjukkan adanya logam dan puing-puing, dengan korban tewas yang tergeletak di dekat rel kereta api dan barang-barang milik para penumpang berserakan.

Bus itu terbalik, bagian atasnya terbelah, dan petugas penyelamat mengatakan diperlukan derek untuk mengangkatnya.

Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki oleh polisi, kata Kantor Pencegahan dan Mitigasi Bencana Chachoengsao.  

Kecelakaan mematikan seperti itu biasa terjadi di Thailand, yang secara teratur menempati urutan teratas dari daftar jalan paling mematikan di dunia, dengan ngebut, mengemudi dalam keadaan mabuk dan penegakan hukum yang lemah merupakan faktor penyebabnya.

Menurut laporan 2018 oleh Organisasi Kesehatan Dunia, Thailand memiliki tingkat kematian lalu lintas tertinggi kedua di dunia.

Meski mayoritas korbannya adalah pengendara sepeda motor, tabrakan bus yang melibatkan kelompok turis dan buruh migran kerap menjadi berita utama.

Pada Maret 2018, sedikitnya 18 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka ketika sebuah bus yang membawa orang-orang yang kembali dari liburan di timur laut Thailand berbelok dari jalan dan menabrak pohon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.