Taiwan Rayakan Hari Nasional 10 Oktober, Begini Selebrasinya di Penjuru Dunia

Oleh Liputan6.com pada 11 Okt 2020, 10:02 WIB
Diperbarui 11 Okt 2020, 10:02 WIB
Ilustarsi bendera Taiwan (AFP/Mandy Cheng)
Perbesar
Ilustarsi bendera Taiwan (AFP/Mandy Cheng)

Liputan6.com, Jakarta - Taiwan merayakan hari nasionalnya pada 10 Oktober, yang menandai dimulainya perjuangan Wuchang yang menyebabkan penggulingan Dinasti Qing dan Republik China pada tahun 1911.

Perayaan Hari Nasional diadakan di beberapa negara akhir pekan ini, termasuk acara yang pertama di Somaliland dan makan amal untuk penduduk tunawisma di Vatikan, demikian seperti dikutip dari Taiwannews.com, Minggu (11/10/2020).

Hargeisa, Somaliland

Kantor Perwakilan Taiwan yang baru dibuka di Somaliland mengadakan jamuan makan di ibu kota Hargeisa pada 7 Oktober untuk merayakan Hari Nasional ROC, acara pertama di negara Afrika yang dideklarasikan sendiri.

Perjamuan tersebut dihadiri oleh lebih dari 150 orang, termasuk pejabat pemerintah, anggota parlemen, dan perwakilan dari sektor bisnis, akademisi, dan media.

Kota Vatikan, Vatikan

Di Vatikan, kedutaan Taiwan menyelenggarakan makan malam untuk para tunawisma di kota itu, dalam rangka memperingati Hari Nasional ROC dan rilis baru-baru ini surat ensiklik ketiga Paus Fransiskus, Fratelli tutti ("semua saudara").

Acara tersebut berlangsung di Palazzo Migliori, sebuah istana abad ke-19 yang terletak tak jauh dari Lapangan Santo Petrus, yang diubah menjadi tempat penampungan tunawisma tahun lalu.

Para tamu disuguhi makan siang kotak ala Taiwan dan juga diberikan kantong tidur buatan Taiwan yang disumbangkan oleh kedutaan.

California, AS

Penduduk Taiwan di Los Angeles dan Orange County, California mengadakan upacara pengibaran bendera pada 4 Oktober untuk menghormati Hari Nasional ROC.

Meskipun ada batasan kehadiran karena pandemi COVID-19, streaming langsung dari kedua acara tersebut secara luas dilihat oleh komunitas Taiwan setempat, kata penyelenggara.

New York, AS

Perwakilan PBB dari enam sekutu diplomatik Taiwan menghadiri perayaan Hari Nasional di New York pada 8 Oktober. Lebih dari dua lusin tokoh terkemuka lainnya, termasuk Pemimpin Minoritas Senat AS Chuck Schumer, mengirim video dan pesan tertulis yang disaksikan dan dibaca dengan suara keras selama perjamuan.

Sydney, Australia

Lebih dari 20 anggota Parlemen New South Wales menghadiri makan malam Hari Nasional di Sydney pada 8 Oktober. Di acara tersebut, utusan tertinggi Taiwan untuk Sydney, Fan Huei-chun (范惠君), mengungkapkan harapan bahwa Australia akan memulai pembicaraan dengan Taiwan tentang perjanjian perdagangan bebas dan mendukung pencantumannya dalam Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP).

Jakarta, Indonesia

Di Jakarta, Kepala Kantor Perwakilan Taiwan di Jakarta (TETO), Duta Besar John Chen menyampaikan pidato virtual dalam perayaan hari nasional. Ia menggarisbawahi pentingnya kerja sama di tengah pandemi COVID-19 yang turut berdampak pada ekonomi.

Dalam pidato virtual perayaan tersebut, John Chen juga berharap hubungan persahabatan dan kerja sama yang panjang antara Indonesia dan Taiwan. Berikut pidato Duta Besar John Chen:

2 dari 3 halaman

Perayaan di Taiwan

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen
Perbesar
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (AFP)

Di Taiwan, Presiden Tsai Ing-wen memulai pertunjukan pemetaan proyeksi yang menerangi fasad gedung Kantor Kepresidenan yang bersejarah sebagai bagian dari perayaan Hari Nasional Ganda Kesepuluh ke-109 Taiwan pada 6 Oktober di Kota Taipei, demikian seperti dikutip dari Taiwantoday.tw.

Bertema "Bangga Taiwan", acara tersebut menampilkan gambar-gambar untuk menghormati tanggapan COVID-19 Taiwan yang efektif dan memberikan penghormatan kepada mendiang mantan Presiden Lee Teng-hui.

Acara berdurasi delapan menit itu akan digelar setiap setengah jam mulai pukul 19.00. sampai 9:30 p.m. 6-10 Oktober di luar PO. Menurut tweet di akun Twitter resmi Tsai, 10 Oktober menandai tahun lain bagi masyarakat Taiwan yang dinamis dan demokratis.

Presiden memuji penduduk lokal karena bersatu untuk menghadapi tantangan besar pada tahun 2020 dan mendorong negara maju, menambahkan bahwa ini adalah tahun lagi orang-orang dapat benar-benar bangga dengan Taiwan.

Berbicara pada upacara peluncuran, Tsai mengatakan bahwa pertunjukan proyeksi telah menjadi sorotan dari perayaan Hari Nasional Kesepuluh Ganda sejak 2017. Edisi tahun lalu terpilih sebagai pemenang Penghargaan Red Dot 2020 dalam kategori desain merek dan komunikasi, tambahnya.

Di antara para peserta terkenal adalah Pembicara Legislatif You Si-kun, yang mengepalai panitia persiapan acara, dan Chiang Chun-nan, wakil ketua Asosiasi Umum Kebudayaan Tionghoa yang berbasis di Kota Taipei.

Pertunjukan cahaya adalah salah satu dari banyak acara perayaan yang berlangsung hingga 10 Oktober di seluruh negeri. Yang lainnya termasuk resepsi Hari Nasional yang akan diadakan di Kota Keelung Taiwan utara dan pertunjukan kembang api di kota selatan Tainan.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait