Sukses

Menko Luhut ke China, Bahas Vaksin COVID-19 dan Kerja Sama Belt and Road

China dan Indonesia telah berjanji untuk memperkuat kerja sama dalam vaksin COVID-19 serta mempercepat kerja sama Belt and Road Initiative.

Liputan6.com, Yunnan - China dan Indonesia telah berjanji untuk memperkuat kerja sama dalam vaksin COVID-19 serta mempercepat kerja sama Belt and Road Initiative.

Komitmen itu disampaikan saat pertemuan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Jumat 9 Oktober 2020 --menurut laporan media afiliasi pemerintah China.

Keduanya bertemu di Provinsi Yunnan, China barat daya.

"Koordinator Kerja Sama Negara dengan China, Luhut mengatakan bahwa Indonesia bersedia fokus memperkuat kerja sama vaksin dan kesehatan dengan China, menandatangani dokumen kerja sama Belt and Road Initiative dan Global Maritime Fulcrum sejak dini, serta bersama-sama menjunjung multilateralisme," tulis CGTN, dikutip pada Sabtu (10/10/2020).

"Wang mengatakan China bersedia bekerja dengan Indonesia untuk mempromosikan penelitian dan pengembangan, produksi dan penggunaan vaksin secara komprehensif, dan bersama-sama berkontribusi pada ketersediaan dan keterjangkauan vaksin di Indonesia. kawasan dan dunia, menambahkan bahwa kerja sama vaksin adalah fokus kerja sama anti-epidemi bilateral saat ini," lanjut media pemerintah China tersebut.

"Wang menunjukkan bahwa mempercepat pembangunan bersama Belt and Road adalah senjata ampuh untuk melawan dampak pandemi," lanjut media China CGTN.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belt and Road Initiatives, Jangkar Stabilitas Kerja Sama Indonesia - China

Kerja sama Belt and Road antara China dan Indonesia telah bertahan dalam ujian pandemi dan telah menjadi "jangkar stabilitas" bagi kerja sama antara kedua negara, lanjut Wang.

Memperhatikan bahwa tahun ini menandai peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik China-Indonesia, Wang berharap kedua negara dapat memperkuat kerja sama di bidang-bidang termasuk e-commerce, kecerdasan buatan, serta pertukaran orang-ke-orang dan budaya.

Ia mengatakan bahwa kedua negara harus memainkan peran utama dalam menegakkan keadilan, menjaga multilateralisme dan demokratisasi hubungan internasional, dan menjaga kepentingan bersama negara-negara berkembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.