Sukses

10-10-1918: Tenggelamnya Kapal Tercepat di Dunia RMS Leinster Usai Dirudal Jerman

Kapal RMS Leinster hancur dirudal oleh Jerman. Lebih dari 500 orang tewas di lautan.

Liputan6.com, Dublin - Pada 10 Oktober 1918, kapal RMS Leinster berlayar di Lautan Irlandia dengan membawa 771 orang. Kapal ini berangkat dari Dublin menuju Holyhead pada pukul 8.50 pagi.

Kru kapal hampir seluruhnya orang Irlandia atau Wales. Kapal ini turut ditumpangi petugas surat, tentara militer, serta banyak perempuan dan anak-anak.

Kapal RMS Leinster pertama diluncurkan di Belfast pada 1897. Menurut situs National Maritime Museum of Ireland, saat itu RMS Leinster merupakan kapal tercepat di dunia.

Kecepatan merupakan andalan RMS Leinster. Namun, kecepatan tak bisa menyelematkan nasib kapal itu dari sergapan submarine Jerman.

Pada pelayarannya yang terakhir, RMS Leinster diintai oleh kapal UB 123 milik Kekaisaran Jerman. Saat itu perang dunia I sedang berkecamuk di Eropa.

Sekitar 1 jam setelah RMS Leinster berlayar, UB 123 menembakan torpedo yang memukul telak haluan kapal Leinster. Kapal pun mulai karam.

Kru kapal sempat mengirim pesan SOS dan tiga kapal patroli langsung buru-buru ke TKP. Kapten William Birch yang menjadi komando RMS Leinster berkata kapalnya tidak bisa bertahan lama di tengah lautan.

Tak lama kemudian, Jerman menembakan torpedo lain. Pada sekitar jam 10 pagi, nasib RMS Leinster berakhir.

Hanya 270 orang yang selamat dari kejadian itu. Hingga sebulan kemudian, masih ada jenazah-jenazah yang terdampar di pantai Isle of Man dan dikubur di sana.

Tragedi RMS Leinster di Laut Irlandia masih diperingati hingga kini.

Sekitar seminggu setelah serangan ke RMS Leinster, kapal UB 123 milik Jerman hilang di lautan. Kemungkinan besar tenggelam akibat ranjau laut di Laut Utara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.