Sukses

Masih Lelah Meski Sudah Tidur Cukup? 5 Gaya Hidup Ini Perlu Diubah

Ada beberapa faktor mengapa Anda masih sering lelah walaupun sudah tidur cukup.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa letih selalu datang saat kita telah melalukan pekerjaan sehari penuh atau bahkan lebih. Rasa lelah juga muncul saat kita memiliki banyak pikiran yang membuat perasaan juga tak baik.

Terkadang, banyak orang beranggapan rasa lelah hanya didapatkan karena padatnya aktivitas. Banyak orang juga heran lantaran sudah merasa cukup istirahat tapi kerap mengalami rasa lelah.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan hal itu. Meskipun sudah tidur tepat waktu dan mengambil izin cuti, tapi tetap saja itu akan membuat anda merasa lelah. Faktor-faktor ini berkaitan dengan gaya hidup.

Untuk itu Anda perlu mengetahuinya. Seperti dikutip dari laman brightside.me, Jumat (9/10/2020) berikut 5 alasan mengapa Anda merasa lelah meski sudah tidur dan istirahat cukup:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anda Tidak Makan dengan Benar

Karbohidrat olahan bisa menjadi sumber energi yang cepat. Ketika Anda makan sesuatu seperti sereal sarapan, kue, pasta, atau pizza, karbohidrat olahan di dalamnya menyebabkan gula darah Anda melonjak, dan Anda merasa lebih berenergi.

Namun, saat kadar gula darah Anda turun, Anda akan mulai merasa lelah lagi. Dan jika Anda terus mengemil makanan yang mengandung karbohidrat olahan, Anda akan merasa lelah sepanjang hari.

Cobalah makan lebih sedikit gula dan karbohidrat olahan, dan gantikan dengan makanan kaya serat, seperti gandum, lentil, dan sayuran.

3 dari 6 halaman

2. Anda Kurang Aktif

Anda mungkin berpikir bahwa jika Anda pulang dengan lelah setelah bekerja, berbaring di sofa dapat membantu Anda menghemat energi dan membuat Anda merasa sedikit lebih berenergi.

Sangat penting untuk berolahraga setidaknya beberapa kali seminggu, dan ini akan membantu Anda mengurangi rasa lelah sepanjang waktu. Sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa orang dewasa muda yang hanya melakukan latihan intensitas rendah selama 20 menit 3 kali seminggu memiliki tingkat energi yang lebih tinggi dan tingkat kelelahan yang lebih rendah.

4 dari 6 halaman

3. Kualitas Tidur yang Cukup

Anda mungkin merasa lelah bahkan setelah mendapatkan 7-9 jam tidur yang direkomendasikan per malam. Ini karena kualitas tidur Anda sama pentingnya dengan berapa lama Anda tidur. Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Juga jangan minum kopi di sore hari, dan jangan menghabiskan waktu Anda sebelum tidur pada ponsel atau menonton TV. Ini akan membantu Anda meningkatkan kualitas tidur dan tidak akan merasa lelah sepanjang hari.

5 dari 6 halaman

4. Anda Memiliki Kepekaan Terhadap Makanan

Jika Anda merasa lelah tanpa alasan di siang hari, mungkin itu pertanda Anda mengalami intoleransi makanan. Beberapa yang paling umum adalah gluten, susu, dan telur.

6 dari 6 halaman

5. Kurang Minum Air Putih

Jika Anda tidak mengganti air yang hilang dari tubuh Anda akibat reaksi biokimia, Anda akan mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menurunkan tingkat energi dan membuat Anda sulit berkonsentrasi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang minum air untuk menggantikan apa yang hilang saat mereka berolahraga di treadmill merasa tidak terlalu lelah dibandingkan saat mereka tidak minum air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.