Sukses

Taliban Sambut Baik Inisiatif Trump Pulangkan Pasukan AS dari Afghanistan Sebelum Natal 2020

Kelompok Taliban menyambut baik wacana Trump untuk memulangkan pasukan AS dari Afghanistan sebelum natal.

Liputan6.com, Islamabad - Kelompok militer Taliban menyambut tweet dari Presiden Donald Trump dengan baik, di mana ia berjanji akan mengeluarkan pasukan AS terakhir dari Afghanistan sebelum Natal 2020 atau setidaknya pada akhir tahun.

Jika penarikan itu terjadi, itu artinya bahwa proses pemulangan dilakukan berbulan-bulan lebih cepat dari jadwal. Selain itu, tulisan Trump di Twitter juga tidak merujuk pada janji Taliban untuk memerangi kelompok teroris yang menjadi prasyarat sebelumnya untuk penarikan pasukan Amerika. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Jumat (9/10/2020). 

Dalam sebuah tweet yang tampaknya bertentangan dengan penasihat keamanan nasionalnya, Trump mengatakan "kita harus memiliki sisa jumlah kecil dari Pria dan Wanita Berani yang melayani di rumah Afghanistan sebelum Natal."

Pada hari Rabu, Penasihat Keamanan Nasional Robert O "Brien, berbicara tentang pasukan Amerika di Afghanistan, mengatakan kepada hadirin di Las Vegas bahwa" pada hari ini, ada di bawah 5.000 dan itu akan menjadi 2.500 pada awal tahun depan. ”

Namun ketika ditanya tentang tweetnya, Trump mengatakan kepada Fox Business Channel: “Kami turun menjadi 4.000 tentara di Afghanistan. Aku akan membawa mereka pulang akhir tahun ini. Mereka akan pulang, seperti yang kita bicarakan. Sembilan belas tahun sudah cukup. Mereka bertindak sebagai polisi, oke? Mereka tidak bertindak sebagai pasukan. "

Keluarnya Amerika dari Afghanistan setelah 19 tahun diatur dalam kesepakatan yang dicapai Washington dengan Taliban pada Februari lalu. 

Namun, perjanjian itu mengatakan pasukan AS akan keluar dari Afghanistan dalam 18 bulan, asalkan Taliban menghormati komitmen untuk memerangi kelompok teroris, dengan sebagian besar perhatian tampaknya terfokus pada afiliasi kelompok ISIS di negara itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Trump Disambut Baik

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahed mengatakan bahwa pernyataan Trump disambut baik dan dia menganggapnya sebagai langkah positif untuk implementasi perjanjian damai antara AS dan Taliban.

Taliban "berkomitmen pada isi perjanjian dan berharap hubungan baik dan positif dengan semua negara, termasuk AS, di masa depan," katanya.

Tweet mengejutkan Trump pada Rabu malam datang ketika Taliban dan tim negosiasi yang ditunjuk pemerintah Afghanistan mengadakan pembicaraan perdamaian bersejarah di Doha, Qatar.

Pembicaraan itu berjalan sangat lambat karena kedua belah pihak telah terjebak pada seluk-beluk bagaimana mereka akan maju untuk mencapai kesepakatan. Berminggu-minggu telah dihabiskan untuk membahas yurisprudensi Islam dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi negosiasi.

Namun, kedua belah pihak tetap berada di meja perundingan bahkan ketika utusan perdamaian Washington, Zalmay Khalilzad pekan lalu kembali ke wilayah tersebut. Sedikit informasi tentang substansi telah muncul dari pembicaraan.

Pada hari Kamis, Khalilzad berada di Pakistan dengan Jenderal Austin Miller, komandan pasukan AS di Afghanistan, bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat Pakistan Jenderal Qamar Jaaved Bajwa. Pakistan telah membantu menggiring Taliban ke meja perundingan dan perannya dipandang penting untuk perdamaian abadi di Afghanistan.

Tidak ada informasi langsung tentang tujuan pertemuan pada hari Kamis tersbut, tetapi Khalilzad ingin kedua belah pihak - terutama Taliban - menandatangani pengurangan kekerasan setidaknya saat negosiasi Qatar sedang berlangsung dan sampai gencatan senjata permanen dapat dinegosiasikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini