Sukses

Pertama dalam Sejarah, WTO Bakal Dipimpin oleh Wanita

Organisasi dagang dunia akan dipimpin oleh wanita.

Liputan6.com, Jenewa - Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mengumumkan pada Kamis 8 Oktober bahwa menteri perdagangan Korea Selatan dan mantan menteri keuangan Nigeria yang dilatih oleh Harvard telah memenuhi syarat sebagai dua finalis untuk menjadi direktur jenderal berikutnya. Pihaknya turut memastikan bahwa ini adalah kali pertama dimana seorang wanita menjabat untuk posisi tersebut. 

Mengutip Channel News Asia, Jumat (9/10/2020), panitia seleksi mengatakan bahwa Ngozi Okonjo-Iweala dari Nigeria dan Yoo Myung-hee dari Korea Selatan lolos ke babak final dalam perlombaan yang diperkirakan akan berakhir dalam beberapa minggu mendatang. 

Mereka dipilih dari lima kandidat.

“Kedua putri yang berada di babak final sangat berkualitas. Ini adalah sesuatu yang disetujui semua orang," kata juru bicara WTO Keith Rockwell kepada wartawan. 

“Kami sudah terkesan dengan mereka sejak awal.”

Dewan Umum WTO yang bermarkas di Jenewa, terdiri dari utusan dari 164 anggota badan, menyingkirkan Amina Mohamed, mantan menteri perdagangan dari Kenya; Mohammad Maziad Al-Tuwaijri, mantan menteri ekonomi Saudi, dan mantan Menteri Perdagangan Internasional Inggris dan pendukung Brexit, Liam Fox.

“Sangat berterima kasih dan merasa terhormat terpilih untuk putaran final dalam proses seleksi Direktur Jenderal @WTO berikutnya!” tulis Yoo di Twitter, yang memiliki gelar sarjana hukum dari Vanderbilt University.

“Kami membutuhkan pemimpin baru yang cakap & berpengalaman yang dapat membangun kembali kepercayaan dan memulihkan relevansi @WTO. Saya menantikan dukungan Anda yang berkelanjutan! Terima kasih!!!"

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dirjen WTO Mundur

Okonjo-Iweala juga melalui Twitternya, berterima kasih kepada anggota WTO atas dukungan mereka dan menulis bahwa dia “senang berada di babak final”.

Putaran sebelumnya telah menggugurkan daftar kandidat dari delapan menjadi lima. Pengumuman pemenang diharapkan paling lambat awal November.

Direktur jenderal WTO sebelumnya, Roberto Azevedo dari Brazil, membuat pengumuman mengejutkan di bulan Mei bahwa dia akan meninggalkan pekerjaannya setahun lebih awal, dengan alasan "keputusan pribadi". Dia pergi tanpa penggantinya pada 31 Agustus.

Masa jabatan tujuh tahun Azevedo ditandai dengan tekanan kuat dari Presiden AS Donald Trump, yang berulang kali menuduh WTO melakukan perlakuan "tidak adil" terhadap AS dan memulai perang dagang dengan China yang bertentangan dengan sistem WTO. Di masa lalu, Trump mengancam akan menarik Amerika Serikat keluar dari badan perdagangan tersebut.

3 dari 3 halaman

WTO Tangani Masalah Perdagangan Internasional

Sistem penyelesaian perselisihan WTO mungkin merupakan tempat paling terkenal di dunia untuk menyelesaikan perselisihan perdagangan internasional - seperti masalah pesawat Boeing dan Airbus dalam beberapa dekade terakhir.

Tetapi Amerika Serikat telah menyumbat mesin penyelesaian sengketa dengan memblokir setiap anggota baru untuk pengadilan tertinggi, Badan Banding, yang tidak dapat menangani sengketa baru sejak tahun lalu.

Direktur jenderal berikutnya akan menghadapi tugas menakutkan untuk menjaga Amerika Serikat tetap bergabung jika Trump memenangkan masa jabatan kedua, di tengah tuduhan Washington bahwa China terlibat dalam praktik tidak adil seperti memberikan subsidi berlebihan kepada industri dan mencuri kekayaan intelektual - terutama dengan mengorbankan bisnis Barat, berharap untuk memanfaatkan pasar China yang berkembang. 

China pun menolak tuduhan tersebut.

WTO, yang dibentuk pada 1995 dari Perjanjian Umum sebelumnya tentang Tarif dan Perdagangan, tidak pernah memiliki direktur jenderal perempuan atau warga negara dari Afrika sebagai pemimpinnya. Ini beroperasi dengan konsensus, yang berarti bahwa setiap negara anggota dapat memblokir keputusan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.