Sukses

Orang Indonesia Temukan Vaksin TBC dan Akan Diproduksi di Ukraina

Seorang ilmuwan asal Indonesia berhasil menemukan vaksin TBC, dan akan diproduksi di Ukraina.

Liputan6.com, Kiev - Seorang ilmuwan asal Indonesia berhasil menemukan vaksin TBC, dan akan diproduksi di Ukraina.

"Atas fasilitas KBRI Kyiv, telah berhasil dilakukan terobosan baru dibidang kesehatan melalui realisasi kerjasama dua putra Indonesia di Ukraina, yaitu Dr. Satria Arief Prabowo PhD, Doktor termuda di Indonesia yang merupakan peneliti vaksin," jelas pihak KBRI dalam keterangan tertulisnya yang dimuat Kamis (8/10/2020).

"Berkolaborasi dengan Petrus Freddy Cahyono, investor outbound Indonesia dan sekaligus pemilik perusahaan Indonesia di Ukraina, LLC Pravitna Genius Sel. Kedua pihak bersepakat memproduksi vaksin TBC hasil temuan tim Dr. Satria di Ukraina," jelas KBRI Kyiv.

Dubes RI Kyiv, Yuddy Chrisnandi menerima sample produksi “Genius Sel MG” dari CEO LLC Pravitna Genius Sel, Petrus Freddy Cahyono. (Dok KBRI Ukraina)

Rencana produksi vaksin ini ditandai dengan penandanganan Letter of Intent (LoI) antara LLC Pravitna Genius Sel dengan Immunitor Ltd (Canada) yang dilakukan Rabu 7 Oktober 2020, bertempat di kantor LLC Pravitna yang berlokasi di kota Brovary, Propinsi Kyiv, Ukraina.

Penandatanganan LoI dihadiri oleh Dubes RI untuk Ukraina, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi beserta jajaran staf KBRI Kyiv, pihak LLC Pravitna Genius Sel, dan dari tim Immunitor LTD Canada, Dr. Satria dan Dr. Galyna Kutsyna.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resmikan Miniatur Indonesia di Objek Wisata Ukraina

Beberapa waktu lalu, Kedutaan Besar RI untuk Ukraina telah meresmikan Miniatur Indonesia di Ukraine In Miniatur Park, Kyiv, Ukraina. Peresmian bangunan miniatur itu bertepatan dengan perayaan hari pahlawan yang jatuh pada 10 November 2017.

Acara peresmian dipimpin langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Ukraina Yuddy Chirsnandi. Di sela acara, Yuddy menjelaskan alasan mengapa peresmian itu dilakukan bertepatan dengan Hari Pahlawan.

"Karena jasa Pahlawan, kini bangsa Indonesia bisa berdiri sejajar dengan bangsa lain, bahkan budaya Indonesia dikenal dunia. Hal inilah yang menjadi pertimbangan soft launching Miniatur Indonesia dilaksanakan bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2017," ujar Yuddy dalam keterangan pers KBRI Ukraina, Sabtu 11 November 2017.

 Situs kebudayaan miniatur Indonesia di Ukraine in Miniature Park ini terdiri dari bangunan replika Tugu Monas, Candi Borobudur, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral Jakarta dan Pura Ulun Danu Bali.

Ukraine in Miniature Park sendiri merupakan satu-satunya taman miniatur yang ada di Ukraina. Dengan letaknya yang strategis di kota Kyiv dan lahan seluas 2 hektar persegi, tempat ini menjadi tujuan wisata utama di Ukraina.

Di tempat ini pula, replika seluruh bangunan terkenal di Ukraina seperti gedung Parlemen Verkhovna Rada hingga Gereja Katedral Orthodoks Saint Sofia bisa ditemui.

Namun demikian, Dubes Yuddy mengatakan Indonesia menjadi negara pertama yang diberikan kesempatan memperoleh area miniaturnya.

"Kini di area seluas 8,5 m x 7 m atau sekitar 60 meter persegi, pengunjung obyek wisata tersebut dapat menikmati miniatur Indonesia. Ini adalah salah satu bentuk keberhasilan diplomasi budaya," ujar mantan MenPAN dan RB tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.