Sukses

Donald Trump Minta Pasukan AS Segera Pulang dari Afghanistan Sebelum Natal 2020

Presiden AS Donald Trump meminta pasukan AS untuk kembali dari Afghanistan sebelum natal.

Liputan6.com, Washington D.C - Presiden Donald Trump meminta semua pasukan AS di Afghanistan harus segera "pulang sebelum Natal". Ia menyampaikan hal tersebut hanya beberapa jam setelah penasihat keamanan nasionalnya mengatakan Washington akan mengurangi pasukannya di Afghanistan menjadi 2.500 pada awal 2021.

Kesepakatan penting antara Amerika Serikat dan Taliban pada Februari lalu mengatakan pasukan asing akan meninggalkan Afghanistan pada Mei 2021 dengan imbalan jaminan kontraterorisme dari Taliban, yang setuju untuk merundingkan gencatan senjata permanen dan formula pembagian kekuasaan dengan pemerintah Afghanistan, seperti dilansir laman Channel News Asia, Kamis (8/10/2020). 

Trump dan pejabat lainnya mengatakan, Amerika Serikat akan menurunkan antara 4.000 dan 5.000 tentara di Afghanistan sekitar November. Di luar itu, para pejabat mengatakan bahwa pengurangan akan tergantung pada kondisi di Afghanistan.

Melalui akun Twitternya, Trump berkata, "Kita harus memiliki sedikit sisa dari pria dan wanita berani kita yang melayani di rumah Afghanistan sebelum Natal!"

Kendati demikian, tidak jelas apakah Trump memberikan perintah atau mengungkapkan aspirasi yang sudah lama dipegang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasukan AS Jadi Senjata Politik Trump?

Trump, yang mengupayakan pemilihannya kembali pada bulan depan, telah menjauhkan diri dari "perang tak berujung yang konyol" sebagai landasan kebijakan luar negerinya, meskipun ribuan pasukan tetap berada di Irak, Suriah dan Afghanistan.

Hanya beberapa jam sebelum tweet Trump ditulis, penasihat keamanan nasional Robert O'Brien mengatakan Amerika Serikat memiliki kurang dari 5.000 tentara di Afghanistan saat ini dan akan turun menjadi 2.500 pada awal tahun depan.

"Pada akhirnya, Afghanistan sendiri harus membuat kesepakatan, kesepakatan damai ... Ini akan menjadi kemajuan yang lambat, ini akan menjadi kemajuan yang sulit, tetapi kami pikir ini adalah langkah yang diperlukan - kami pikir orang Amerika perlu pulang ke rumah, "kata O'Brien dalam sebuah acara di University of Nevada, Las Vegas.

Dewan Keamanan Nasional dan Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait hal tersebut. 

Rencana Gedung Putih untuk penarikan tersebut hampir pasti akan ditinjau jika Trump kehilangan kesempatannya untuk masa jabatan kedua dalam pemilihan 3 November.

Komentar Trump dapat semakin melemahkan pengaruh pemerintah Afghanistan selama negosiasi dengan Taliban.

Sementara pembicaraan telah berlangsung di ibu kota Qatar, Doha, sejumlah tentara Afghanistan dan pejuang Taliban tewas dalam bentrokan. Puluhan warga sipil juga tewas dalam beberapa pekan terakhir.

Bersaksi di depan komite Dewan Perwakilan AS bulan lalu, Utusan Khusus AS Zalmay Khalilzad mengatakan bahwa begitu jumlah tentara AS mencapai 4.500, pemerintah "akan melakukan evaluasi terhadap hubungan dan tindakan yang telah kami ambil dan membuat keputusan tentang itu".

Sekitar 2.400 anggota layanan AS telah tewas dalam konflik Afghanistan dan ribuan lainnya terluka.

Hari Rabu kemarin juga menandai 19 tahun sejak Amerika Serikat menginvasi Afghanistan untuk menggulingkan penguasa Taliban yang menyembunyikan militan al Qaeda yang menyerang Amerika Serikat pada 11 September 2001.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.