Sukses

Cawapres AS Kamala Harris Salah Sebut Nama Presiden China Jadi Jiji Ping

Senator Kamala Harris salah menyebut nama Presiden China Xi Jinping.

Liputan6.com, Utah - Cawapres Amerika Serikat Kamala Harris dari Partai Demokrat salah sebut nama Presiden China Xi Jinping. Kamala malah menyebutnya menjadi "Jiji Ping". 

Pengucapan itu dilakukan Senator Kamala Harris ketika membahas laporan Pew terkait pemimpin dunia di debat cawapres AS. Dalam laporan itu Xi Jinping lebih dihormati oleh mantan sekutu AS. 

"Pemimpin dari para mantan negara sekutu kini memutuskan bahwa mereka lebih percaya dan menghormati Jiji Ping, pemimpin Partai Komunis, ketimbang Donald Trump," ujar Kamala, Kamis (8/10/2020). 

Tidak jelas laporan mana yang dimaksud Kamala Harris. Namun, Pew pada bulan lalu sempat merilis laporan mengenai popularitas pemimpin Jerman, Prancis, inggris, Russia, China, dan Amerika Serikat.

Mayoritas responden di 13 negara berkata tidak percaya Donald Trump, yakni 83 persen. Yang percaya Trump hanya 16 persen.

Skor kepercayaan Donald Trump juga lebih rendah dari Presiden China Xi Jinping yang mendapat 19 persen.

Pemimpin yang paling dipercaya adalah Kanselir Jerman Angela Merkel yang mendapat 76 persen kepercayaan. Tokoh yang dipercaya selanjutnya adalah Presiden Prancis Emmanuel Macron yang meraih 64 persen.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.