Sukses

Pakar Sebut Penyebaran COVID-19 di Gedung Putih Sebenarnya Bisa Dicegah

Dokter Anthony Fauci menyatakan bahwa penyebaran virus corona baru di Gedung Putih AS seharusnya bisa dicegah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump positif COVID-19 pada Jumat 2 Oktober. Sejak itu, Virus Corona menyebar lebih jauh di antara orang-orang di sekitar lingkaran Donald Trump pada Gedung Putih.

Pakar penyakit menular terkemuka AS, Dr Anthony Fauci, yang advokasi pedoman kesehatan masyarakat untuk melawan virus corona barunya telah bertentangan dengan sikap Donald Trump yang meremehkan pandemi, mengatakan bahwa penyebaran infeksi baru-baru ini di Gedung Putih sebenarnya dapat dicegah.

Mengutip Channel News Asia, Rabu (7/10/2020), beberapa pembantu dekat Trump dan politisi senior Republik telah dites positif terkena virus corona baru sejak presiden mengumumkan pada hari Jumat bahwa ia dan ibu negara Melania Trump telah tertular virus tersebut.

"Lihatlah apa yang terjadi minggu ini di Gedung Putih," kata Fauci dalam sebuah wawancara dengan Serikat Politik Universitas Kennedy Amerika, ketika ditanya nasihat apa yang dia miliki tentang bagaimana orang dapat mendiskusikan tindakan pencegahan di Gedung Putih.

"Itu adalah kenyataan, di sana. Dan setiap hari, semakin banyak orang bermunculan yang terinfeksi. Itu bukan tipuan. Ini situasi yang tidak menguntungkan ketika Anda melihat hal seperti itu karena itu bisa dicegah," kata Fauci. 

Fauci telah lama menganjurkan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trump vs COVID-19

Trump kembali ke Gedung Putih pada hari Senin dari rumah sakit militer di mana dia menghabiskan tiga malam usai dirawat karena COVID-19.

Dia meninggalkan rumah sakit dengan mengenakan masker, tetapi melepaskannya untuk berpose di balkon Gedung Putih dan tidak memasangnya kembali ketika dia memasuki gedung.

Selama ini, Trump jarang memakai masker di depan umum, dan seringkali ada sedikit jarak sosial pada kampanye kampanyenya dan acara Gedung Putih.

Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, menganggap lonjakan infeksi virus corona sebagai bagian dari kegagalan negara itu untuk menutup sepenuhnya.

Lebih dari 210.000 orang di Amerika Serikat telah meninggal akibat virus corona dan lebih dari 7 juta sudah terinfeksi, lebih banyak dari negara lain mana pun.

Penasihat senior Gedung Putih Stephen Miller, penulis pidato terkenal untuk Trump dan penasihat berpengaruh pada kebijakan imigrasi garis keras Trump, pada hari Selasa menjadi kasus COVID-19 terbaru yang dilaporkan di antara rekan-rekan Trump.

Yang lain mengumumkan bahwa mereka telah dites positif dalam beberapa hari terakhir termasuk penasihat dekat Trump, Hope Hicks; Juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany; Manajer kampanye Trump, Bill Stepien; dan Senator Republik Mike Lee, Thom Tillis dan Ron Johnson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.