Sukses

Makin Banyak Pejabat AS Positif COVID-19 Usai Trump, Kelalaian Gedung Putih?

Setelah Trump, makin banyak pejabat AS yang dinyatakan positif COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona COVID-19 menyebar lebih jauh di antara orang-orang di sekitar Presiden AS Donald Trump, dengan penasihat Gedung Putih Stephen Miller dan seorang pejabat tinggi militer yang dilaporkan juga terinfeksi.

Mengutip BBC, Rabu (7/10/2020) Miller, yang telah mengisolasi diri selama lima hari terakhir, mengonfirmasi bahwa dia tertular virus corona pada hari Selasa.

Jenderal AS Mark Milley dan para pemimpin militer lainnya juga dikarantina setelah pejabat Penjaga Pantai Laksamana Charles Ray dinyatakan positif.

Pejabat lain mengisolasi diri dengan alasan untuk "berhati-hati".

Dalam sebuah pernyataan, Miller mengatakan dia "dites negatif setiap hari" sampai hari Selasa, menambahkan bahwa dia sekarang di karantina.

Istrinya, Katie Miller, yang merupakan juru bicara Wakil Presiden Mike Pence juga tertular virus pada Mei lalu namun kemudian berhasil sembuh.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelalaian Gedung Putih?

Pada bulan Juli, nenek Miller yang berusia 97 tahun, Ruth Glosser, dilaporkan meninggal karena komplikasi COVID-19.

Namun, Gedung Putih membantah bahwa virus corona telah menyebabkan kematiannya, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan dia "meninggal dengan tenang dalam tidurnya karena usia tua".

Tapi paman Miller mengeluarkan sertifikat kematian yang mencantumkan "pernafasan" dan COVID-19 sebagai "kondisi yang mengarah" ke penyebab kematian Nyonya Glosser.

Baru-baru ini, Laksamana Ray, wakil komandan Penjaga Pantai AS, dikatakan mengalami gejala ringan.

Sementara para pejabat yang menghadiri pertemuan dengan Ray pekan lalu sekarang dikarantina, sejauh ini tidak ada yang dinyatakan positif atau menunjukkan gejala, menurut Pentagon.

Tidak diketahui bagaimana Ray tertular virus tersebut. Ia menghadiri sebuah acara di Gedung Putih sekitar 10 hari yang lalu tetapi tidak jelas apakah dia tertular virus di sana atau di tempat lain, kata para pejabat kepada kantor berita Associated Press.

Trump dan pejabat Gedung Putih lainnya dinyatakan positif terkena virus corona dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu, sejak Presiden Trump dinyatakan positif pekan lalu, sejumlah senior Partai Republik dan orang-orang terdekatnya dipastikan mengidap virus tersebut.

Ini termasuk Melania Trump, ajudan Hope Hicks, dan sejumlah senator Republik.

Sekretaris Pers Kayleigh McEnany juga dinyatakan positif, sekaligus tiga anggota staf lainnya di kantor pers - Chad Gilmartin, Karoline Leavitt dan Jalen Drummond - juga dinyatakan positif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.